Pendaftar PPDB Jalur Non NHUN Melebihi Kuota

BANDUNG, DISDIK JABAR - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM), jalur Penghargaan Maslahat Guru (PMG) dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), jalur Warga Penduduk Setempat (WPS), dan jalur Prestasi telah diselenggarakan mulai Senin, 4 Juni 2018 sampai Jumat, 8 Juni 2018. 

Data pendaftar per 9 Juni 2018 untuk PPDB Provinsi Jawa Barat tingkat SMA/SMA sebesar 187.586 calon peserta didik di jalur non NHUN. Sedangkan, kuota untuk para pendaftar sebesar 153.151 peserta didik. 

“Walaupun pendaftar melebihi kuota yang ada, tetapi setiap jalurnya memiliki perolehan yang berbeda-beda,” ujar Sekertaris II Panitia PPDB Jawa Barat, Edy Purwanto, saat ditemui di Kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jalan Rajiman No.6, Kota Bandung Jawa Barat, pada Sabtu, 9 Juni 2018. 

Edy memaparkan bahwa untuk jalur KETM dan WPS pendaftar berlebih dari kuota yang ada. Sedangkan, untuk jalur PMG/ABK dan Prestasi kuota yang ada belum terpenuhi seluruhnya.

Ia juga menambahkan bahwa, dari hasil rekapitulasi data tersebut, jumlah pendaftar untuk setiap jalur di setiap sekolah berbeda-beda. Tidak selalu KETM dan WPS yang mendominasi.***