Bestone, Aplikasi Belanja Online milik SMA BPI 1 Bandung

BANDUNG- SMA Badan Perguruan Indonesia (BPI) 1 Bandung memiliki aplikasi belanja online sendiri yang dikelola oleh siswa dan gurunya. Kepala sekolah SMA BPI 1 Bandung, Deti Sudiarti mengungkapkan demi memajukan sekolah, sekolah harus terus berinovasi. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh SMA BPI 1 Bandung adalah dengan membuat aplikasi belanja online  bernama BPI Best One Store.

“Kami diberi semangat dan dimotivasi untuk terus berinovasi. Apalagi saya tergabung dalam kelompok Digital School. Kemudian, saya ditantang untuk membuat inovasi dalam bidang digital oleh promotor saya, Pak Gatot dari SEAMEO (The Southeast Asian Ministers of Education Organization) Thailand,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kepala Sekolah BPI 1, Jalan Malabar, Kota Bandung, Rabu (8/2/2018).

BPI Best One Store atau yang lebih akrab disebut Bestone adalah sebuah aplikasi belanja online dimana siswa dan guru SMA BPI 1 Bandung bisa membeli barang sekaligus menjual barang. Barang yang dijual dibagi menjadi tiga kategori yaitu makanan, fashion, dan
juga soal informasi event. Aplikasi ini dibuat oleh siswa SMA BPI 1 Bandung dengan bimbingan dari tim mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB). 


“Pernah juga ada pesanan kaos dari promotor kita, Pak Gatot untuk dikirim ke Thailand. Dari situ siswa pun belajar untuk menghitung omsetnya berapa, dan semuanya siswa yang mengelola. Keuntungannya pun untuk mereka,” terangnya.

Aplikasi Bestone ini dapat didownload di android melalui playstore. Barang-barang yang dijual merupakan barang titipan
penjual yang kemudian mereka sebut ‘juragan’. Nantinya barang tersebut akan dikeloa oleh admin dan dipasarkan kepada siswa dan guru di sekolah. Ketika ada pembeli yang memesan melalui aplikasi, admin akan mengantarkan barang kepada pembeli secara langsung. Selain melalui aplikasi, siswa juga dapat membeli barang dengan datang langsung ke toko Bestone di sekolah.

 
“Kita tidak ambil untung banyak dari produk yang dititipkan Juragan. Misalnya kalau harga barangnya Rp 5000 rupiah , kita ambil (red-untung) cuma Rp 500 rupiah,” ujar Ketua Bestone,

Taqiyya siswi 11 IPA 3  saat ditemui di SMA BPI 1 pada Rabu (8/2/2018).
Admin Bestone terdiri dari siswa yang merupakan perwakilan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Hal ini senada dengan salah satu program OSIS, dan dibimbing oleh guru mata pelajaran kewirausahaan. Menurut Taqiyya tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan masyarakat sekolah. Siswa diajarkan untuk berjualan, apalagi kegiatan ini berhubungan dengan nilai mata pelajaran kewirausahaan.

  
“Fokusnya lebih untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan, supaya mereka tidak gengsi atau malu-malu untuk menjual barang di sekolah,”ujarnya.