Jabar Kirimkan 109 Kontingen untuk Ikuti LKS SMK 2018

Laporan Vanni Hadiani dan Fauzan Abdul Syukur Kesuma dari Lombok, Nusa Tenggara Barat

LOMBOK, DISDIK JABAR - Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) 2018 diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMK (Dit. PSMK), Ditjen Dikdasmen, Kemdikbud pada tanggal 6-12 Mei 2018 di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kompetensi yang dilombakan meliputi 51 jenis bidang lomba tingkat nasional dan 5 jenis lomba skala  ASEAN dengan nama Southeast Asia Creative Camp (SEACC).

Dalam kegiatan LKS SMK 2018 itu, Jawa Barat mengirimkan 109 kontingen. Menurut Ketua Tim Kontingen Jawa Barat sekaligus Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan Dinas Pendidikan Jawa Barat Dodin Rusmin Nuryadin optimis Jabar mampu merebut gelar juara umum.

Optimisme itu didukung oleh sejumlah kategori kompetensi yang menjadi langganan memperoleh medali di setiap LKS SMK diselenggarakan. Berikut daftar kompetensi yang selalu memperoleh medali:

1.Bilingual Secretary
2. Electronic Application
3. IT Network Support
4. Mobile Robotics
5. Fashion Technology
6. Online Tourism Promotion Model
7. Web Design 
8. Post Harvest Technology

Selain kompetisi kompetensi, di Lombok City Center juga diselenggarakan berbagai kegiatan. Kegiatan pendukung untuk memberi nilai tambah dalam LKS antara lain pameran Produk Inovasi Siswa SMK, Job Matching, Sertifikasi Kompetensi, Workshop, Pameran Industri, Gerakan Literasi Sekolah (GLS), One School One Province (OSOP), dan Wisata Edukasi.***