Pantau UNBK SMA Jarak Jauh, Dinas Pendidikan Manfaatkan Teleconference

BANDUNG, DISDIK JABAR – Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Tikomdik) Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat menyelenggarakan pemantauan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA melalui teleconference di Kantor Balai Tikomdik Disidk Jabar, Jalan Rajiman Kota Bandung, Selasa, 10 April 2018. 

Teleconference dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi,  Sekertaris Dinas Pendidikan Jawa Barat, Firman Adam, dan Ketua Balai Tikomdik, Asep Suhanggan. Teleconference ini dilaksanakan dengan beberapa sekolah di Jawa Barat, diantaranya SMAN 1 Purwakarta, SMAN 4 Bandung, SMAN 1 Indramayu, dan SMAN 2 Padalarang.

Kadisdik Jabar sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, sebab ia mengaku tidak bisa langsung memantau UNBK SMA secara langsung ke seluruh daerah. “Dengan teleconference ini, setidaknya saya bisa memantau pelaksanaan UNBK langsung di beberapa sekolah. Sangat memudahkan. Saya sangat apresiasi,” kata Kadisdik Jabar, Ahmad Hadadi. 

Sementara itu, Firman Adam juga berharap bahwa pelaksanaan UNBK kali ini berjalan sukses dan lancar, dengan minim kendala. Beliau juga mengingatkan bahwa para peserta UNBK perlu menjunjung tinggi kejujuran, “Prestasi penting tapi jujur yg paling utama.” 

Pada teleconference dengan SMAN 1 Purwakarta terdapat 484 siswa yang mengikuti UNBK dengan kehadiran 100 persen. Diungkapkan bahwa untuk memfasilitasi siswa-siswi UNBK kali ini, terdapat 7 ruangan dengan 7 server yang terpantau lancar, termasuk server cadangan yang belum terpakai. Selain server, sinkronisasi dilaporkan lancar, pengawas ruangan, dan teknisi siap untuk mengsukseskan UNBK kali ini.***