Empat Sekolah di Jabar dalam SMA Terbuka dan PJJ pada SMK

#BarayaDisdikJabar, alih kelola SMA dan SMK dari kota/kabupaten ke pemerintah provinsi resmi dilakukan sejak awal 2017. Alih kelola itu pun meruntuhkan sekat antar kota/kabupaten karena otonomi daerah. Pemerataan pendidikan di SMA dan SMK lebih leluasa dengan kebijakan yang dilahirkan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
Dalam grand design pengelolaan pendidikan menengah dan khusus di Jawa Barat disebutkan prioritas akses pendidikan bagi semua. Pada 2016, Angka Partisipasi Kasar (APK) Sekolah Menengah di Jawa Barat berada pada angka 76,62. Angka ini berada di bawah APK Sekolah Menengah Nasional.
Pada 2020, Pemprov Jabar menargetkan APK Sekolah Menengah ini akan menjadi 100%. Sedangkan Kota/Kabupaten yang telah mencapai 100% antara lain Bogor, Bandung, dan Cimahi. Sementara yang masih berada di bawah rata-rata adalah Kab. Garut (51,19%) dan Kab. Cianjur (51,58%).
Untuk itu, Pemprov Jabar melalui Dinas Pendidikan Jabar membuat terobosan dengan merancang program SMA Terbuka (SMAT) dan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) pada SMK. Program ini khusus menampung calon peserta didik yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ke SMA dan SMK. Dasar hukumnya tertuang dalam Permendikbud No. 119 Tahun 2014 dan Peraturan Gubernur No. 16 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan pendidikan jarak jauh jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) program SMAT dan PJJ pada SMK ini pun baru dibuka setelah PPDB reguler usai. Di Jabar, pendaftaran dibuka pada 15 September 2017 secara manual dan daring. Calon peserta didik dapat mendaftar ke sekolah induk yang tersedia hingga 908 sekolah. Jumlah itu terdiri dari 600 SMA dan 308 SMK.
Pembelajaran pun dibedakan dengan sekolah reguler. Pembelajaran memanfaatkan media digital yang dapat diakses melalui jaringan internet.
#BarayaDisdikJabar yang budiman, saat ini, pembelajaran yang diikuti oleh 32.360 peserta didik telah berjalan selama satu semester. Para peserta didik itu terdiri dari 20.386 orang (63,4%) di SMAT dan 11.786 orang (36,6%) di PJJ pada SMK.  
Dalam empat hari, #timredaksi akan menampilkan tulisan tentang SMAT dan PJJ pada SMK. Terdapat 4 sekolah yang akan dihadirkan dalam 4 hari penayangan. Keempat sekolah tersebut antara lain SMAN 4 Kota Depok, SMAN 2 Padalarang Kab. Bandung Barat, SMK Puspa Mekar Kab. Bogor, dan SMK Tunas Bangsa Kab. Subang.
Selain di situs resmi Disdik Jabar, informasi tentang keempat sekolah itu pun akan secara serentak ditayangkan di media sosial resmi Disdik Jabar.
#BarayaDisdikJabar, selamat membaca!