Peningkatan Kompetensi Bisnis dan Manajemen bagi Siswa-Siswi SMK

BANDUNG, DISDIK JABAR – Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Dr. H. Dodin Rusmin Nuryadin, M.Si. dan Kepala Sekolah SMKN 3 Bandung, Dra. Euis Purnama, M.M.Pd., membuka acara Kick Off. Acara tersebut merupakan Program Peningkatan Kompetensi Bidang Keahlian Bisnis Manajemen untuk siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di 9 wilayah di Indonesia.

Acara diselenggarakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Bandung, Jalan Solontongan No.10, RT.3/RW.6, Turangga, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa, 17 April 2018.
 

Program peningkatan kompetensi ini diluncurkan oleh PT Adira Dinamika Multifinance (Adira Finance) yang berkerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Program ini diberikan kepada siswa-siswi SMK untuk pembekalan yang berfokus pada peningkatan kompetensi di bidang industri lembaga pembiayaan, serta meningkatkan wawasan menjadi tenaga profesional di perusahaan.

Dalam program ini tentunya didukung oleh tenaga profesional yang nanti akan membantu guru dan siswa-siswi. Selain itu, terdapat beasiswa bagi siswa-siswi yang telah mengikuti tes, dilihat dari hasil penilaian dan keberhasilan mengerjakan modul-modul.
 

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Dr. H. Dodin Rusmin Nuryadin, M.Si. menyambut baik Program Peningkatan Kompetensi Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen bagi siswa-siswi SMK. Diharapkan dalam rekruitmen perusahaan, para lulusan SMK dapat diterima di industri yang telah menjadi bekerjasama menjadi pembina sekolah. Lulusan SMK harus bisa bersaing, tidak hanya di Jawa Barat atau nasional, tetapi di dunia khususnya Asean.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Dr. H. Dodin Rusmin Nuryadin, M.Si. mengatakan, “Siswa-siswi SMK yang telah diberikan pembekalan keahlian diharapkan dapat bersaing, menguasai persaingan, dan memenangkan persaingan. Mudah-mudahan ini awal yang baik dan terus berlanjut untuk Jawa Barat.”  

Kick Off Program Peningkatan Kompetensi Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen diperuntukan bagi siswa SMK di 9 area di Indonesia, salah satunya adalah Bandung. Wilayah Bandung terdapat 2 SMK yang terpilih yaitu SMKN 3 Bandung dan SMKN 1 Bandung, jurusan pemasaran.

Program ini sebelumnya sudah berjalan pada tahun 2014, sekarang ini terdapat perluasan atau pengembangan kerjasama. Sebelumnya yang hanya bersifat ekstrakulikuler kewirausahaan, saat ini program berkembang tersingkronisasi dengan kurikulum di Dinas Pendidikan untuk SMKN.***