Enam Bulan Belajar, Hafizh Raih Prestasi di Olimpiade Bahasa Jerman

Penguasaan bahasa asing, di era persaingan global ini sangat penting. Menguasai Bahasa Inggris saja, dinilai tidak cukup. Untuk menjadi pemenang dalam persaingan, sumber daya manusia harus kaya dengan keterampilan lunak seperti bahasa asing.

Muhammad Hafizh Muhsin Amin dapat menjadi salah satu pemenang persaingan global. Ia memiliki kemampuan yang memadai dalam Bahasa Jerman sehingga diganjar juara ketiga Olimpiade Bahasa Jerman tingkat Kota Bandung. Kompetisi itu diselenggarakan pada Oktober dan November 2017.

Dikisahkan Hafizh, panggilan akrab siswa kelas X MIPA 1 SMAN 4 Bandung, ketertarikan akan Bahasa Jerman itu bersumber dari ayahnya.

"Bapak cerita, kalau kuliah di Jerman itu gratis. Tapi mau kuliah jurusan apapun, modal awalnya, harus bisa berbahasa Jerman," ujarnya ditemui di SMAN 4 Bandung Jalan Gardujati, Rabu (10/1/2018).

Rencana Hafizh, ia ingin melanjutkan pendidikan pada jurusan teknik di perguruan tinggi di Jerman. Menurut informasi yang didapatkan Hafizh, pendidikan teknik di Jerman itu terbaik di dunia.

Untuk memuluskan rencananya, maka Hafizh mulai belajar Bahasa Jerman. Selama enam bulan terakhir, ia belajar secara otodidak.

"Saya meminjam buku dari perpustakaan Goethe, menonton film dengan subtitle bahasa Jerman, dan menggugah aplikasi belajar Bahasa Jerman di ponsel," ungkapnya.

Ia meyakini, ketika belajar tanpa paksaan, kemampuan berbahasanya akan semakin meningkat. Tidak hanya itu, kepercayaan dirinya pun terus bertambah. Hingga akhirnya, Hafizh berani menguji kemampuannya dalam Olimpiade Bahasa Jerman.

Ada tiga tahap yang harus dilalui dalam kompetisi itu. Level pertama, tes mendengar yang dilanjutkan pada level berikutnya adalah tes membaca. Di tes ketiga, Hafizh diuji kemampuan menulis Bahasa Jerman.

Hafizh yang baru belajar Bahasa Jerman enam bulan itu, tentu berbangga hati, mampu meraih posisi ketiga dari 100 peserta. Semoga, Hafizh terus semangat, ya, dan dapat meraih cita-citanya belajar teknik di Jerman! (*)