Jawa Barat Optimis Menang Lomba Sekolah Sehat 2018 Tingkat Nasional

BANDUNG, DISDIK JABAR - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, menyerahkan piagam penghargaan kepada para pemenang Lomba Sekolah Sehat (LSS) Nasional di Parkiran Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro No. 22, Citarum, Kota Bandung, Jawa Barat pada Selasa, 17 April 2018.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, nantinya pemenang tingkat provinsi akan mewakili Jawa Barat dalam ajang LSS Nasional.            

“Biasanya, tidak pernah ada satu tahun pun tanpa perwakilan dari Jawa Barat yang menang lomba, pasti ada perwakilan dari Jawa Barat yang mendapatkan juara pertama, bahkan pernah berturut-turut,” ujar Heryawan.
           

Heryawan mengharapkan, juara sekolah sehat akan menajadi gambaran atas penerapan perilaku hidup bersih dan sehat para siswa di sekolah. Sehingga para siswa tidak hanya berperilaku sehat di sekolah akan tetapi berperilaku sehat di rumah.

“Diharapkan siswa dapat menjadi pencetus dan penyemangat untuk menjadikan kehidupan di rumah masing-masing juga sehat,” jelas Heryawan.

Ketua Tim Penilai Sekolah Sehat, Diding Wahyudin mengatakan, pelaksanaan LSS Nasional pada dasarnya untuk memotivasi dan mengevaluasi sekolah/madrasah. Selain itu, bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan gaya hidup bersih dan sehat.


“Serta menciptakan lingkungan hidup yang sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis peserta didik,” ujar Diding.

Provinisi jawa barat melalui tim pembina usaha kesehatan sekolah dan madrasah setiap tahun melaksanakan LSS secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/ kota, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) wilayah, provinsi hingga sampai usulan ke tingkat nasional.

“Hampir setiap tahun nominasi sekolah sehat yang diajukan dalam tingkat nasional dari empat katagori yang diajukan ke tingkat nasional yaitu TK/RA, SD/MI, SMP/MTS dan SMA/SMK/MA, Jawa Barat selalu mendapatkan rengking terbaik,” jelas Diding.

Diharapkan sekolah madrasah pemenang LSS Nasional tersebut mempunyai dampak terhadap pembiasaan kehidupan bersih dan sehat, peserta didik di lingkungan sekolah dan masyarakat secara luas.

Diding menjelaskan tujuan acara ini adalah sebagai apresiasi, motivasi pemerintah provinsi jawa barat agar sekolah dan madrasah pemenang LSS dapat menjadi model bagi pengembangan sekolah dan madrasah sehat.

“Karena melalui LSS kita wujudkan pembiasaan prilaku hidup sehat, bersih guna meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi yang berdampak pada peningkatan mutu pendidikan dan prestasi peserta didik di Jawa Barat,” tutup Diding.***