SMK Prakarya Internasional Resmikan Alat Penyedia Air Bersih Berbasis Solar Energy
SMK Prakarya Internasional Resmikan Alat Penyedia Air Bersih Berbasis Solar Energy
Oleh Sofia Khansa Kalvati
25 Mei 2018, 00:00 WIB    121 views       Bimbingan Teknis

BANDUNG, DISDIK JABAR - SMK Prakarya Internasional (PI) bekerja sama dengan Cable Ways LTD New Zealand  meresmikan program penyediaan air siap minum berteknologi Solar Energy (Tenaga Surya). Air layak minum itu tidak hanya dikonsumsi untuk warga sekolah, tetapi juga untuk masyarakat sekitar.

Persemian diselenggarakan di SMK PI di Inhofftank, Astanaanyar, Jumat 25 Mei 2018. Hadir dalam kegiatan itu, Kepala SMK PI Syarif Pamungkas, Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah VII Disdik Jabar Husen R. Hasan, anggota Dewan Pendidikan Jabar Iwan Hermawan, dan Founder Cable Ways LTD New Zealand, David Hobeday.

Kepala SMK PI Syarif Pamungkas mengatakan alat penyedia air itu telah dipasang dan beroperasi dengan normal. Selain untuk warga sekolah, air tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar.

"Kami akan kerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat untuk sama-sama memanfaatkan teknologi ini," ucap Syarif.

Keberadaan alat itu juga, dapat dijadikan bagian dari ekstrakurikuler siswa. Bahkan bisa dikomersialkan. 

"Yang terpenting, adanya transfer pengetahuan dari pemilik teknologi kepada siswa," ujar Syarif.

Founder Cable Ways LTD New Zealand, David Hobeday mengatakan alat tersebut hanya ada di tiga negara yaitu Indonesia, New Zealand, dan Kepulauan Fiji. Ia menyebutkan teknologi yang dibuatnya itu ramah lingkungan. 

"Ini merupakan kesempatan bagi kita untuk mengubah lingkungan dengan cara luar biasa. Manfaatnya terasa nyata, karena air layak dikonsumsi dan memberikan akses pada masyarakat,\" ucap Hobeday.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar