Laboratorium Alam SMAN 2 Padalarang, dari Taman Percontohan hingga Prewedding
Laboratorium Alam SMAN 2 Padalarang, dari Taman Percontohan hingga Prewedding
Oleh Mochamad Firmansyah, Tio Yogaswara
06 April 2018, 00:00 WIB    184 views       Sosialisasi

BANDUNG BARAT, DISDIK JABAR – SMAN 2 Padalarang menciptakan terobosan dengan membangun Taman Kreatif/Laboratorium Alam yang dinobatkan sebagai taman percontohan. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari dukungan sekolah dalam Program Adipura Kabupaten. 

Menurut Guru Biologi dan Kepala Lab. SMAN 2 Padalarang, Dede, Taman Kreatif/Laboratorium Alam mulai dibuat pada 2014 dan banyak memiliki permasalahan pada proses penanamannya, karena tekstur tanah di SMAN 2 Padalarang yang berlokasi di Jl. Ga Manulang Kicau, Jayamekar, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat ini adalah krikil/Batu. 

Berbagai jenis tanaman dari mulai yang langka sampai tanaman hias terdapat di SMAN 2 Padalarang. “Akan tetapi pada Taman Kreatif/Laboratorium Alam ini dberikan tema agar lebih memudahkan dalam pengelompokan tanaman,” kata Dede.

Kehadiran Taman Kreatif/Laboratorium Alam ini mendapatkan apresiasi dari siswa/siswi SMAN 2 Padalarang karena membantu siswa untuk lebih mengenal jenis-jenis tanaman. Selain itu Balai Lingkungan Hidup (BLH) Bandung Barat sering berkunjung ke sekolah. Pasalnya di Kabaupaten Bandung Barat sendiri hanya 2 sekolah yang mempunyai Taman Kreatif/Laboratorium Alam.

Untuk program jangka panjang, SMAN 2 Padalarang akan membudidayakan tanaman hias anggrek hutan, yang tentunya kita harus memliki hutannya terlebih dahulu. Oleh karena itu kita akan mebiarkan taman bagian depan menjadi rindang. 

Dede mengatakan sejak kehadiran taman kreatif ini, banyak orang tua siswa yang berkunjung. Mereka datang untuk menghirup udara segar, mengingat kondisi udara di daerah kami yang cukup panas. Selain itu ada juga alumni yang datang dan berkumpul di taman bahkan sampai ada yang melaksanakan prewedding.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar