Kunjungan Delegasi Suwon ke Enam Sekolah di Kota Bandung
Kunjungan Delegasi Suwon ke Enam Sekolah di Kota Bandung
Oleh Putra Fajar Prakasa, Ricky Firmanto
03 April 2018, 00:00 WIB    52 views       Pelantikan

BANDUNG, DISDIK JABAR - Kerjasama untuk menjadi mitra kota bersaudara (sister city) antara Kota Bandung dan Kota Suwon Korea Selatan, menjadi peluang mendorong meningkatnya hubungan kerjasama baik di bidang ekonomi, sosial-budaya, pendidikan, olahraga maupun bidang lainnya.

Kerjasama dibidang pendidikan, salah satunya dengan kunjungan dan pelaksanakan beberapa program pendidikan lainnya. Seperti pada Selasa 3 April 2018, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat (Kadisdik Jabar), Ahmad Hadadi, Kepala Seksi Tikomdik, Drs. Abur Mustikawanto Med.Ded bersama Perwakilan Dinas Pendidikan Kota Bandung  menerima 6 orang tamu dari Suwon City Korea (sister city). Dalam kesempatan yang sama mereka diajak untuk berkunjung ke SMAN 3 dan SMAN 5 di Jl. Belitung No. 8 Bandung. 

Salah satu agenda kunjungan tersebut yakni mendatangi 6 sekolah di Kota Bandung yakni SMAN 2, SMAN 3, SMAN 5, SMAN 8, Darul Hikam dan Taruna Bakti. Hal tersebut sebagai bagian dari  kerjasama untuk mempromosikan universitas yang berada di Kota Suwon, Korea Selatan. Sejumlah universitas yang berada di Kota Suwon merupakan yang terbaik di dunia.

Kepala Sekolah SMAN 3, Dr. Hj Yeni Gantini M.pd menyatakan SMAN 3 dan SMAN 5 Bandung merupakan sekolah unggulan di Kota Bandung. Keduanya sama-sama selalu berusaha menjaga dan meningkatkan kualitas para pengajarnya serta siswa dan lulusannya. Dengan demikian mereka memiliki daya saing tinggi berwawasan nasional dan internasional agar di terima di perguruan tinggi yang berkualitas baik di dalam maupun di luar negeri.

Program pendidikan yang biasa dikerjasamakan antara sekolah di Kota Bandung dan Suwon diantaranya pertukaran pelajar (student exchange), pertukaran guru (sementara per semester), program beasiswa, juga beberapa program lainnya. Saat ini sudah ada 30 orang dari Indonesia yang sudah menjadi  mahasiswa di sejumlah universitas di Suwon City. Dan universitas-universitas tersebut membuka peluang untuk para siswa mengikuti seleksi. Jika lulus seleksi akan mendapatkan beasiswa 100 persen.

Biro Kerjasama Luar Negeri Balai Kota Bandung menambahkan  “Dinas Kota akan selalu support dan menginformasikan jika ada program beasiswa untuk pelajar.” Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi, menegaskan “Program Sister City Kota Bandung dengan Kota Suwon tetap harus ditindak lanjuti. " 

Selain kunjungan ke enam sekolah di Bandung, agenda delegasi dari Kota Suwon juga yakni pameran pendidikan, pertukaran pelajar dan guru, mengkolaborasikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dinas Pendidikan Kota dan Universitas di Suwon untuk menyiapkan beasiswa bagi 6 orang terbaik di Kota Bandung. Penerima beasiswa akan sekolah di universitas di Suwon dalam jangka waktu yang pendek yakni 2 minggu sampai 1 bulan.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar