Siswa Al Ma'soem Buat Alat Pendeteksi Kondisi Pasien
Siswa SMA Al Ma'soem berhasil membuat alat pendeteksi kondisi pasien agar memudahkan proses perawatan pasien di rumah sakit.
Siswa Al Ma'soem Buat Alat Pendeteksi Kondisi Pasien
Oleh Nizar Al Fadillah
13 Juni 2019, 12:21 WIB    930 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Siswa Jawa Barat (Jabar) kembali berinovasi. Kali ini, dua siswa SMA Al Ma'soem, Jibril dan Alif berhasil membuat alat pendeteksi kondisi pasien agar memudahkan proses perawatan pasien di rumah sakit.

"Awalnya, ada keluarga teman Jibril yang meninggal dunia di rumah sakit. Katanya, kondisi pasien kurang terawasi sehingga tindakan yang diambil perawat dan dokter terlambat," kata Jibril, seperti diwartakan harian Pikiran Rakyat, Rabu (12/6/2019).

Berkaca dari kondisi tersebut, Alif dan Jibril pun merancang alat pendeteksi kondisi pasien yang telah diikutsertakaan dalam lomba robotika se-Indonesia yang diadakan Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) Al Ma'soem, belum lama ini.

"Meski hanya masuk 10 besar, kami berharap alat ini bermanfaat dalam memantau kondisi pasien, baik oleh para perawat maupun dokter," harapnya.

Alif menjelaskan, prinsip kerja alat pemantau kondisi pasien ini memanfaatkan jaringan komunikasi. Sehingga, kondisi pasien bisa dikirimkan melalui komputer maupun telepon pintar perawat dan dokter. "Kami menempatkan tiga sensor di ketiak untuk mengetahui kondisi suhu tubuh pasien, sensor detak nadi pasien, dan sensor ruangan suhu," tuturnya.

Dengan dipasangnya sensor kondisi suhu tubuh dan detak nadi di tubuh pasien, lanjut Alif, maka perawat tak perlu mendatangi satu per satu kamar pasien. "Selama ini kan perawat harus datang ke tempat perawatan pasien hanya untuk mengetahui suhu tubuh dan detak nadinya. Perlu waktu cukup lama sehingga tidak jarang ada pasien yang kondisinya kurang terpantau," ujarnya.

Ia berharap, alat pendeteksi kondisi pasien buatannya dapat terus dikembangkan sehingga bisa digunakan secara massal. "Kami bersama para guru robotika berusaha menyempurnakan alat ini. Dari beberapa kali uji coba, alat ini bekerja baik dengan mengirimkan data-data dari sensor yang terpasang," pungkasnya.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar