UNBK Relatif Berjalan Lancar Tanpa Kendala Berarti
UNBK Relatif Berjalan Lancar Tanpa Kendala Berarti
Oleh Mochamad Firmansyah, Ricky Firmanto, Putra
02 April 2018, 00:00 WIB    116 views       Kegiatan

BANDUNG, DISDIK JABAR - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Senin 2 April 2018 berjalan relatif lancar dan tanpa kendala. Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat (Kadisdik Jabar), Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.SI, melakukan peninjauan langsung UNBK di SMKN 12 Bandung pada hari pertama pelaksanaan ujian nasional tersebut.

Siswa yang mengikuti UNBK yang digelar di SMKN 12 Kota Bandung ini adalah sebanyak 418 siswa. Yang terdiri dari 409 siswa dari SMKN 12 Bandung dan sebanyak 9 siswa dari SMK Otista. Pengawas UNBK yang berlangsung di SMKN 12 Bandung ini berasal dari SMK 11 Bandung.  "Para pengawas yang berasal dari SMK 11 Bandung sudah siap sejak pukul 06.00 WIB untuk melaksanakan hajatan nasional ini, " ungkap Kepala Sekolah SMKN 12 Bandung.

UNBK di SMKN 12 Bandung ini dibagi menjadi 3 sesi. Yakni pukul 08.00 WIB, 12.00 WIB, dan 14.00 WIB. Untuk UNBK kali ini, SMKN 12 Bandung menyediakan tiga laboratorium dan  satu perpustakaan yang dialihfungsikan menjadi laboratorium untuk menjalankan ujian nasional. Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 12 Bandung menjamin tidak ada kebocoran soal dalam pelaksanaan UNBK tahun ini.

UNBK kali ini berjalan lancar dan tanpa kendala, karena pada Sabtu 31 Maret 2018, instalasi sekolah telah diperiksa dan telah dilakukan gladi bersih untuk mengantisipasi adanya kerusakan. Pada sesi pertama simulasi UNBK yang dihadiri semua siswa, tidak ada kendala dalam sinkronisasi soal. Sehingga semua berjalan dengan baik dan tanpa kendala.  "Kami sudah berkoordinasi dengan PLN juga dan berharap agar tidak ada kendala kelistrikan saat UNBK berlangsung, " tandas Kepala KCD Wilayah 7 Bandung-Cimahi, Husein Hasan.

“Untuk UNBK tahun 2018, disiapkan 260.956 unit komputer dengan server 8.816 dan terbagi 2 sampai 3 sesi kelas,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi. Ia mengaku optimis.  "Dengan perbaikan sistem pembelajaran dan berbagai upaya dari sekolah, pelaksanaan UNBK di Jawa Barat sudah 100 persen. Dan diharapkan Jawa Barat mencapai target Nasional dengan nilai rata-rata 5.5, " kata Kadisdik Jabar.

Selain itu Kadisdik Jabar, Ahmad Hadadi juga menambahkan,  "Diharapkan para siswa tetap fokus jangan terpancing isu-isu dengan adanya kebocoran kunci jawaban karena tingkat kebocoran UNBK dijamin tidak ada. "  

Rifki Aflah, siswa jurusan Kelistrikan Pesawat Udara yang mengikuti UNBK pada hari pertama, mengatakan tidak ada kendala dalam pelaksanaan  "hajat nasional " tersebut.  "Ujian nasional berjalan lancar dan tidak ada ganguan saat mengerjakan soal. Tingkat kesulitan soal tidak terlalu rumit karena sudah ada pelatihan sebelumnya, " kata Rifki Aflah menjelaskan.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar