Mahasiswa Unpad Kembangkan Metode Efektif Deteksi Kanker Payudara
Tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM PE) dari Fakultas Farmasi Unpad mengembangkan metode baru deteksi dini kanker payudara.
Mahasiswa Unpad Kembangkan Metode Efektif Deteksi Kanker Payudara
Oleh Riska Y. Imilda
27 Juni 2019, 10:43 WIB    330 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Tingginya angka kematian di dunia akibat kanker payudara, menginspirasi ketiga mahasiwa Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk mengembangkan metode yang lebih efektif dalam pendeteksian dini kanker payudara. Ketiga mahasiwa tersebut adalah Luthfi Utami Setyawati, Risda Rahmi Islamiaty, dan Kevin Reinard Lie.

Ketiga mahasiswa Fakultas Farmasi Unpad yang dibimbing oleh Prof. Muchtaridi, Ph.D., Apt, ini, berhasil mengembangkan metode deteksi dini kanker payudara baru dalam Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) yang didanai Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tahun anggaran 2019. Metode deteksi dini ini menggunakan campuran obat dengan bahan radioaktif yang disebut radiofarmaka.

“Adapun senyawa yang digunakan dalam metode ini adalah senyawa 99mTc – α-mangostin & 131I – α-mangostin. Senyawa-senyawa tersebut dipercaya dapat mendeteksi dan mengobati kanker payudara,” ungkap Luthfi, seperti dilansir web resmi Unpad.ac.id.

Ia mengatakan, dalam pembuatan senyawa radiofarmaka, perlu diperhatikan keberhasilan dari pembuatan dari radiofarmaka itu. Maka, perlu metode untuk menganalisis keberhasilan pembuatan radiofarmaka tersebut. 

"Metode yang kami kembangkan ini merupakan metode baru yang green material (bahan baku dari tanaman), lebih cepat, murah, dan efektif untuk menentukan keberhasilan pembuatan radiofarmaka," ujarnya.

Kelompok ini, lanjutnya, telah berhasil memvalidasi metode analisis radiofarmaka tersebut dan telah didapatkan hasil yang memuaskan pula. "Dimana senyawa yang mereka gunakan sudah siap untuk uji keamanan," katanya.

Penelitian ini dilakukan bekerja sama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Bandung, dibantu oleh Wiwit Nurhidayah, S.Si., Maula Eka Sriyani, M.Si., Rizky Juwita, M.Pharm., Apt., dan Eva Maria W., M.Si.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar