Aplikasi Dapodik Terbaru Diresmikan
Aplikasi Dapodik Terbaru Diresmikan
Oleh Vanni Hadiani
29 Maret 2018, 00:00 WIB    132 views       Sosialisasi

GARUT, DISDIK JABAR – Aplikasi Dapodik terbaru Versi 2018.B diresmikan pada Selasa 26 Maret 2018. Peresmian dilakukan oleh Kasubag Perencanaan dan Laporan, Hendra Kusuma Sumantri S.Si., MT, di Sabda Alam Resort Hotel Jl. Raya Cipanas No. 3, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Sistem pendataan Dapodik telah terbukti dan teruji berhasil mengumpulkan kuantitas data mencapai lebih dari 99 persen dari total satuan pendidikan secara nasional. Data dari sistem pendataan Dapodik tersebut digunakan oleh program utama Kemdikbud seperti BOS, Aneka Tujangan Guru, Ujian Nasional, Rehab, Bantuan RKB, dan program lainnya. 

Aktifitas pengumpulan data pendidikan khususnya di Jawa Barat pada saat ini dinilai berada dalam kondisi yang ideal. Di mana sekolah melalui operator Dapodik secara aktif melakukan pengumpulan data dan mengirimkannya melalui proses sinkronisasi secara online ke pusat data Kemendikbud. Proses tersebut menggunakan aplikasi pendataan yang terintegrasi dengan sistem di pusat (Kemendikbud) Pendataan pendidikan tersebut diatur melalui Instruksi Mendikbud Nomor 2 tahun 2011. 

Data pendidikan yang semakin kompleks dan berubah setiap waktu, menyebabkan terjadinya perbedaan dan pembaharuan pada aplikasi sebelumnya. Pada kondisi di lapangan masih banyak operator sekolah terkendala dalam memperbaharui data sekolah. Sehingga dalam hal ini menuntut sistem aplikasi untuk lebih mutakhir. 

Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.B menghadirkan perubahan yang cukup signifikan dengan penggunaan database versi sebelumnya. Pembaharuan beberapa fitur dan juga penambahan fitur baru, validasi data, serta perbaikan beberapa bugs versi sebelumnya. Dengan adanya aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.B diharapkan dapat meningkatkan kualitas data Dapodik dan sinkronnya aturan/regulasi yang berlaku. Serta selarasnya prosedur dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk berbagai transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar