Uji Kemampuan Peserta Didik Baru Melalui "Placement Test"
SMAN 6 Bandung melaksanakan "placement test" untuk peserta didik baru di ruang kelas SMAN 6 Bandung, Jln. Pasir Kaliki No. 51, Kota Bandung, Senin (15/7/2019).
Uji Kemampuan Peserta Didik Baru Melalui "Placement Test"
Oleh Riska Y. Imilda
15 Juli 2019, 10:50 WIB    157 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Sebelum menggelar Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) 2019, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Bandung terlebih dahulu melaksanakan placement test untuk perserta didik baru di ruang kelas SMAN 6 Bandung, Jln. Pasir Kaliki No. 51, Kota Bandung, Senin (15/7/2019). Kegiatan ini menjadi tahap awal untuk menentukan kemampuan siswa mendapatkan program ilmu pengetahuan alam (IPA) atau ilmu pengetahuan sosial (IPS).

Staf Humas SMAN 6 Bandung, Nuniek B.M. mengatakan, melalui tes ini, kemampuan siswa dalam proses pembelajaran bisa dilihat untuk beberapa tahun ke depan.

Menurut Nuniek, sebelumnya pihak sekolah sudah mengadakan psikotes pada Sabtu (13/7/2019) untuk melihat konstruksi psikologis siswa. Seperti, fungsi kognitif dan emosional serta tentang individu tertentu melalui penggunaan sampel perilaku dari tes tersebut.

”Menyambut PLS yang akan digelar pada 16 - 18 Juli 2019, kami sudah menyiapkan berbagai kegiatan. Kami juga melibatkan anggota Organisasi Siswa Intra-Sekolah (OSIS) untuk membantu dan mengoordinasi peserta didik baru,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, yang memberikan materi tetap para guru sesuai petunjuk teknis (juknis) dari Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar).

Nuniek menyampaikan, sebanyak 350 siswa diterima di SMAN 6 Bandung. Untuk itu, sekolah akan memaksimalkan pembangunan karakter dan kebiasaan baik siswa. “Kami dari pihak sekolah akan mengutamakan pembentukan karakter siswa terlebih dahulu,” tuturnya.

Walaupun begitu, tambahnya, pihak sekolah tetap memaksimalkan berbagai fasilitas yang ada di sekolah. "Semoga bantuan yang didapat dari pemerintah juga bisa membantu siswa yang kurang mampu," harapnya.

Untuk penentuan sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) dan dana sumbangan pendidikan (DSP), tambah Nuniek, berdasarkan hasil musyawarah antara pihak sekolah dan orang tua siswa. "Akan disesuaikan dengan kebutuhan operasional SMAN 6 dan berdasarkan peraturan Disdik. Kami akan menggelar musyawarah dengan orang tua siswa dalam waktu dekat ini," ungkapnya.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar