Pengarahan Sejak Dini, Kunci SMAN 6 Bandung Cetak Siswa Lolos PTN
Staf Humas SMAN 6 Bandung, Nuniek B.M. saat ditemui di ruangannya di SMAN 6 Bandung, Jln. Pasir Kaliki No. 51, Kota Bandung, Senin (15/7/2019).
Pengarahan Sejak Dini, Kunci SMAN 6 Bandung Cetak Siswa Lolos PTN
Oleh Riska Y. Imilda
15 Juli 2019, 13:15 WIB    70 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Sebanyak 32 siswa lulusan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Bandung lolos Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Hal tersebut disampaikan Staf Humas SMAN 6 Bandung, Nuniek B.M.

Namun, menurutnya, hal tersebut baru laporan sementara yang didapatkan pihak sekolah.

“Sedangkan 59 siswa dinyatakan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Perguruan tinggi negeri di Bandung masih didominasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung,” ujarnya saat ditemui di SMAN 6 Bandung, Jln. Pasir Kaliki No. 51, Kota Bandung, Senin (15/7/2019).

Pihak sekolah, ungkap Nuniek, tentu sangat bangga dengan pencapaian tersebut. Hal ini tak lepas dari berbagai strategi yang dilakukan sekolah dalam memberi pengarahan kepada para siswa.

Pengarahan, lanjutnya, dilakukan sejak siswa duduk di kelas XI. Guru Bimbingan Konseling (BK) SMAN 6 Bandung memberikan pengarahan dan bimbingan sedini mungkin kepada siswa. Siswa sudah dilihat berdasarkan kemampuan dan minat yang dimiliki. Selain itu, sekolah pun memberi ruang dan waktu khusus bagi siswa yang ingin berkonsultasi mengenai perguruan tinggi negeri.

“Termasuk memilih jurusan. Ini tentu memberi dampak positif bagi siswa. Mereka diarahkan sesuai minat dan kemampuan, tidak hanya mengejar ambisi,” tambahnya.

Ia mengungkapkan, sekolah tidak hanya mengandalkan track record. SIswa juga diarahkan dalam memilih jurusan karena kebanyakan mereka masih memiliki ambisi tinggi. Oleh karena itu, harus dinetralisasi. "Banyak kasus, keinginan siswa dalam memilih PTN tak sesuai realita sehingga akan merugikan siswa dan sekolah itu sendiri. Sejak kelas XI, siswa sudah dibimbing sesuai kemampuan dan minat mereka. Tentu pihak sekolah sangat bersyukur dengan pencapaian tersebut, apalagi jika melihat SMAN 6 Bandung tergolong sekolah biasa,” ungkapnya merendah.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar