Sejarah Berdirinya SMA Negeri 1 Kawali
Sejarah Berdirinya SMA Negeri 1 Kawali
Diposting oleh SAS
15 Maret 2018, 00:00 WIB    51 views       Sejarah

SMA Negeri 1 Kawali berdiri sejak tahun 1977. Berawal dari ide Kepala Desa Kawali yaitu Saleh Sujani, sekolah tersebut dibangun sebagai upaya untuk menampung para lulusan siswa/siswi tingkat SLTP yang berlokasi di Kecamatan Kawali, Cipaku, Rajadesa, Panawangan dan Rancah,. Pada masa itu, upaya untuk melanjutkan pendidikan harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dan memakan waktu yang lama untuk menuju ke Kota/Kabupaten Ciamis

Berdirinya SMA Negeri 1 Kawali juga bertujuan sebagai bentuk upaya memfasilitasi serta  merealisasikan potensi dan animo masyarakat Ciamis Utara, khususnya Kawali dan sekitarnya dalam melanjutkan studi dari tingkat SLTP ke jenjang SLTA. Sehingga kemudian tercetuslah ide dari Saleh Sujani dan rekan-rekannya untuk membuat permohonan pendirian SMA kepada Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat pada tahun 1977. 

Melalui Kepala Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis dengan tembusan kepada Bupati Kepala Daerah Tingkat II Ciamis, kemudian surat permohonan tersebut ditandatangani oleh Kepala Desa Kawali, Saleh Sunjani, Kepala Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kawali dan Camat Kecamatan Kawali. Letak geografis SMA Negeri 1 Kawali berada di Kecamatan Kawali jalur jalan Raya Ciamis – Cirebon

Pada tahun 1979 gedung baru SMA Negeri 1 Kawali diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat pada tersebut yakni Solihin Gautama Purwanegara. Peresmian itu pun sekaligus memilih Dadi Ahmad Sabari B.A sebagai Kepala Sekolah Definitif Pertama. 

SMA Negeri Kawali diresmikan berdiri berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 0292/X/0/1978, tentang pembukaan sekolah dan SK pendirian Sekolah pada tanggal 23 September 1978 dengan Nomor : 0292/C/0/1978 dengan kode sekolah nomor I02.15/SMA.03 dan Nomor Statistik Sekolah 301201407004.


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar