Jabar Duduki Peringkat 3 O2SN Nasional 2019
Kontingen Jabar berhasil menduduki peringkat 3 Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Nasional 2019.
Jabar Duduki Peringkat 3 O2SN Nasional 2019
Oleh Nizar Al Fadillah
02 September 2019, 13:37 WIB    237 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Kontingen Jawa Barat (Jabar) berhasil menduduki peringkat 3 Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Nasional Tahun 2019. Pada kejuaraan yang digelar Kementerian Pendidikan Kebudayaan itu, Jabar sukses menyabet total 37 medali. Terdiri dari 13 medali emas, 17 perak, dan 7 perunggu. Dengan perolehan tersebut, Jabar berhasil mengungguli 31 provinsi lainnya, hanya kalah dari Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. 

Ke-37 medali ini merupakan akumulasi medali yang diraih tiap jenjang pendidikan. Yakni, O2SN jenjang sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah luar biasa (SLB), sekolah menengah atas (SMA), dan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika mengapresiasi prestasi yang diraih seluruh siswa di ajang O2SN tingkat nasional. "Alhamdulillah, hasil ini adalah upaya terbaik dari siswa dan ibu bapak guru, sekaligus menjadi cambuk bagi kita agar mampu meraih prestasi yang lebih baik," ungkap Kadisdik saat apel pagi di Halaman Disdik Jabar, Jln. Dr. Radjiman No. 6, Kota Bandung, Senin (2/9/2019). 

Secara khusus, Kadisdik mengaku amat bangga kepada para siswa yang berhasil mengharumkan nama Jabar di kancah nasional. Ia berharap, para siswa tak mudah berpuas diri dan mampu meningkatkan prestasi yang diraih. "Bagi yang belum mendapatkan medali, jangan patah semangat. Itu bisa dijadikan motivasi ke depannya. Bagaimanapun, kalian adalah siswa yang memang juara di bidangnya masing-masing," tegasnya. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menyampaikan hal serupa. "Selamat kepada para atlet yang sudah bekerja keras menunjukkan prestasi terbaiknya. Saya yakin, kamu semua juara dan membawa titel juara," ujarnya.

Mendikbud menegaskan, para siswa harus siap berprestasi di kancah internasional. "Kalian yang ikut olimpiade olahraga ini akan kita kirim ke ajang internasional. Oleh karena itu, berlatihlah dengan gigih. Kami mengimbau kepala dinas dan kepala sekolah untuk menyiapkan siswa berprestasi di O2SN ini agar bisa berprestasi di jenjang internasional," imbaunya.

Sedangkan Sekretaris Disdik Jabar, Firman Adam menuturkan, prestasi tersebut merupakan keberhasilan kolektif dari semua pihak yang telah mendukung dan mendorong potensi siswa. "Mulai dari pembinaan karakter oleh guru, keberhasilan satuan pendidikan dan komunitas atau klub, juga fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah," ujarnya. 

Sekdisdik pun berkomitmen akan mendorong seluruh siswa yang memiliki minat dan bakat untuk menjadi atlet profesional. "Karena menjadi atlet, seseorang yang ahli dalam olahraga juga merupakan kecerdasaan dan modal masa depan," tambahnya. 

Ketua Tim O2SN SD, Unen Iskandar mengatakan, hasil yang diraih timnya sudah sesuai target, yakni perolehan medali merata. "Tiap-tiap cabang olahraga mendapatkan medali, itu amat bagus. Hanya tahun ini, di cabor pencak silat kita tidak bisa mengawinkan dua medali emas. Tapi, secara keseluruhan ini hasil yang bagus," tuturnya.

Salah seorang atlet, Muhammad Haru Khoerudin mengaku senang atas medali emas yang ia raih. "Senang dan bangga karena bisa mengharumkan nama sekolah dan Jabar di tingkat nasional," ucap atlet pencak silat tersebut.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar