SMKN 9 Bandung Persiapkan Akreditasi 2019
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 9 Bandung tengah mempersiapkan akreditasi sekolah untuk tahun 2020.
SMKN 9 Bandung Persiapkan Akreditasi 2019
Oleh Riska Y. Imilda
16 September 2019, 13:40 WIB    81 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR — Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 9 Bandung tengah mempersiapkan akreditasi sekolah untuk tahun 2020. Penilaian sekolah akan dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah melalui kegiatan evaluasi diri dan eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan serta kinerja sekolah secara sistematis dan komprehensif.

Oleh karena itu, SMKN 9 Bandung mengadakan kegiatan Workshop Akreditasi pada 13 - 14 September 2019 di Meeting Room Edotel SMKN 9 Bandung, Jln. Soekarno Hatta KM 10, Kota Bandung. Kegiatan ini dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala SMKN 9 Bandung, Drs. Tatang Gunawan.

Menurut Tatang, ini merupakan bagian persiapan akreditasi sekolah yang akan dilaksanakan pada 2020. Kegiatan ini diikuti tim manajemen sekolah, komite sekolah, staf bidang kerja dan program keahlian serta pihak terkait lainnya.

Salah satu asesor BAN Sekolah/Madrasah Provinsi Jawa Barat, Deddy Hermadi mengatakan, visitasi menggunakan perangkat akreditasi, sedangkan tim asesor melakukan penilaian terhadap sekolah/madrasah. Akreditasi dilakukan melalui pengamatan lapangan, wawancara dengan warga sekolah/madrasah, verifikasi atau pencermatan ulang berbagai data isian instrumen akreditasi serta pendalaman hal-hal khusus terkait komponen dan aspek akreditasi.

“Visitasi ini dilakukan untuk meningkatkan kecermatan, keabsahan serta kesesuaian antara fakta dengan data yang diperoleh melalui pengisian instrumen akreditasi. Di samping itu, dengan visitasi ini diharapkan dapat diperoleh data dan informasi tambahan mengenai keadaan yang sesungguhnya dari sekolah/madrasah yang diakreditasi,” ujarnya.

Adapun tujuan akreditasi, yakni untuk memperoleh gambaran kinerja sekolah yang dapat digunakan sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu; menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar