Waspada Hoaks, Informasi Resmi Dapat Dilihat di Situs Web PPDB
Waspada Hoaks, Informasi Resmi Dapat Dilihat di Situs Web PPDB
Diposting oleh Vanni Hadiani
24 Mei 2018, 00:00 WIB    20 views       Pelantikan

BANDUNG, DISDIK JABAR - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK/SLB tahun 2018 akan segera dimulai. Tetapi sayangnya, banyak informasi yang beredar tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Seperti info yang beredar di media sosial Whatsapp (WA) Messenger beberapa hari ini.   

“Iya, pesan yang ada di WA Messenger itu tidak semua benar,” ujar Sekretaris II Panitia PPDB Jawa Barat, Edy Purwanto.   

Dalam pesan di WA Messenger disebutkan untuk pendaftaran jalur Nilai Hasil Ujian Nasional (NHUN) dilaksanakan pada 5,6,7, dan 9 Juli 2018, padahal sebenarnya dilaksakan selama 5 hari, pada 5,6,7,9, dan 10 Juli 2018.   

Selain itu, dalam pesan WA Messenger yang beredar juga disebutkan bahwa PPDB tingkat SMA/SMK dibagi menjadi 3 zona atau radius, dengan radius 5 km, 10 km, dan 10 km ke atas. Ketentuan sebenarnya, pembagian zonasi untuk SMA/SMK hanya dalam wilayah provinsi. Sedangkan untuk luar provinsi dengan seleksi utama berdasarkan radius jarak terdekat. Jarak sendiri akan dihitung dengan sistem IT oleh operator saat mendaftar di sekolah tujuan.   

Mengenai zonasi pun beredar bahwa, calon peserta didik yang memiliki jarak paling dekat dari rumah ke sekolah yang dipilih, akan diterima langsung oleh sekolah tersebut. Pada ketentuan yang sebenarnya, jarak terdekat dari tempat domisili ke sekolah yang dipilih tetap akan dilakukan peringkat atau dilakukan seleksi terlebih dahulu. Calon peserta didik tersebut tidak otomatis langsung diterima, jika pendaftaran melebihi kuota.   

Edy berpesan pada masyarakat, agar tidak mudah percaya dengan pesan yang tersebar bukan dari media resmi. Informasi PPDB yang sesuai dengan ketentuan berlaku dapat diakses di laman http://ppdb.disdik.jabarprov.go.id/ ataupun dapat dilihat di media sosial resmi Dinas Pendidikan Jawa Barat.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar