Mengenal Sosok Inggit Garnasih di Rumahnya yang Bersejarah
Mengenal Sosok Inggit Garnasih di Rumahnya yang Bersejarah
Oleh MAR
26 Februari 2018, 00:00 WIB    118 views       Sejarah

BANDUNG - Rumah bersejarah yang satu ini mungkin tidak sepopuler tempat wisata sejarah lain seperti museum-museum besar di Kota Bandung, akan tetapi nilai sejarahnya begitu tinggi. Rumah bersejarah tersebut adalah Rumah Bersejarah Inggit Garnasih. Siapa yang tidak tahu Inggit Garnasih? Istri pertama Presiden Republik Indonesia Soekarno ini merupakan wanita berani yang banyak berjasa mendampingi Soekarno semasa penjajahan dulu. 

Bahkan, Inggit Garnasih berkali-kali diusulkan menjadi pahlawan nasional. Hal ini didasari perjuangan dan jasa-jasanya dulu dalam mendukung Soekarno untuk memerdekakan Indonesia. Salah satu penghargaan yang diberikan kepada Inggit adalah dengan mengabadikan namanya sebagai salah satu nama jalan di Kota Bandung. Nama Jalan Ciateul Bandung diganti menjadi Jalan Inggit Garnasih pada 23 Desember 2010.

Tak hanya itu, penghargaan lainnya yang diberikan pemerintah Indonesia kepada mendiang Inggit Garnasih adalah dengan menjadikan rumahnya dulu menjadi Rumah Bersejarah Inggit Garnasih. Rumah tersebut bertempat di Jalan Inggit Garnasih Nomor 8, Kota Bandung. Rumah tersebut dibeli oleh pemerintah dari keluarga Inggit dan dijadikan tempat bersejarah. “Awalnya rumah ini dijual oleh keluarga kepada pemerintah, hanya rumahnya, karena pemerintah tidak membeli perabotannya,” ujar Juru Pelihara, Jajang Ruhiat saat ditemui di Rumah Bersejarah Inggit Garnasih, (19/2/2018).

Rumah bersejarah ini merupakan rumah sederhana yang terletak di pinggir jalan besar. Terdapat ruangan-ruangan dengan desain dan suasana yang khas, diantaranya terdiri atas ruang tamu, ruang tidur Soekarno, ruang tidur utama Inggit, ruang tengah, ruangan yang digunakan Inggit untuk membuat jamu, dan lainnya.  Di setiap ruangan terdapat foto-foto yang menceritakan Soekarno dan Inggit pada zaman dulu. Cerita sejarah tersebut cukup lengkap, dan dapat dibaca oleh pengunjung yang datang. Sejarah yang meliputi kebiasaan Soekarno saat berada di rumah, sepak terjang Inggit dalam perjuangan membantu Seokarno, hingga akhirnya Inggit pun pulang ke haribaan Sang Pencipta. 

Untuk berkunjung ke Rumah Bersejarah Inggit Garnasih, kita tidak dipungut biaya alias gratis. Menurut Jajang, biasanya pengunjung hanya memberikan biaya seikhlasnya. Pengunjung yang datang akan diajak berkeliling oleh Jajang sambil dijelaskan mengenai sejarah Soekarno dan Inggit. Biasanya pengunjung yang datang merupakan rombongan sekolah. Walaupun ruangan yang ada tidak terlalu luas, akan tetapi cukup untuk menampung rombongan siswa sekolah yang datang. Selain itu, Rumah Bersejarah Inggit Garnasih pun dijadikan tempat berdiskusi kelompok pecinta sejarah. Biasanya mereka menggelar diskusi, bedah buku, atau kegiatan lain yang bertemakan sejarah.   


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar