Bursa Kerja "Job Matching" di SMKN 1 Pacet Cianjur
SMKN 1 Pacet Kabupaten Cianjur menggelar "Job Matching" pada 7 November 2019.
Bursa Kerja "Job Matching" di SMKN 1 Pacet Cianjur
Oleh Riska Y. Imilda
31 Oktober 2019, 16:13 WIB    82 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR — Upaya menekan angka pengangguran, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pacet Kabupaten Cianjur menggelar "Job Matching" pada 7 November 2019. Program bursa kerja ini disediakan bagi lulusan SMKN 1 Pacet dan terbuka bagi lulusan sekolah menengah lainnya.

Staf Humas Bagian Media Sosial SMKN 1 Pacet, Lutfiansyah mengatakan, angka pengangguran dari lulusan SMK/SMA terus meningkat. “Seperti kita ketahui, masalah pengangguran di Indonesia masih belum terselesaikan sampai saat ini.  Maka dari itu, kita harus bergerak lebih cepat. Bukan hanya pemerintah, sekolah juga mempunyai peran penting,” ujar Lutfi saat diwawancarai, Kamis (31/10/2019).

Menurutnya, kegiatan Job Matching ini salah satu upaya rekrutmen pegawai/pekerja dengan kemampuan atau syarat yang dimiliki beberapa job seeker yang telah terdaftar. Diharapkan, Job Matching mampu menyalurkan lulusan SMKN 1 Pacet ke dunia kerja dalam waktu singkat. “Selain mempertemukan pelamar dengan perusahaan sebagai penyedia lapangan kerja dan mempermudah perusahaan merekrut tenaga kerja, Job Matching juga sebagai langkah nyata dalam meminimalisasi pengangguran di Indonesia,” tuturnya.

Khusus bagi SMKN 1 Pacet Cianjur yang merupakan sekolah kejuruan dengan program keahlian di bidang pariwisata (perhotelan, tata boga, dan usaha perjalanan wisata), pertanian (agrobisnis tanaman pangan dan hortikultura, agrobisnis pengolahan hasil pertanian) serta teknik komputer jaringan, Job Matching sangat penting karena bisa membuka jalan bagi para lulusan tersalurkan di dunia kerja. 

Ia menjelaskan, Selain diperuntukkan bagi lulusan SMKN 1 Pacet, Job Matching juga bisa diikuti lulusan seluruh SMA/SMK lain yang telah mendaftarkan diri. Bagi peserta yang telah mendaftar, wajib hadir mengenakan pakaian rapi dan sopan serta memakai sepatu. "Untuk registrasi, peserta bisa melakukannya di meja yang sudah disediakan. Kemudian, melengkapi data diri dan pastikan nomor telpon serta email aktif," jelasnya.

Di sana, lanjut Lutfi, petugas akan memandu, seperti peserta memilih speliaslis bidang yang dikuasai atau diminati, kemudian klik butuh kerja sekarang. "Setelah itu, peserta melengkapi asal sekolah, kosongkan kode sahabat, lalu klik selanjutnya. Terakhir, peserta wajib mengisi data yang diminta,” paparnya.

Usai melakukan registrasi, tambahnya, peserta wajib melakukan validasi registrasi kepada panitia dan scan QR Code di Aplikasi TopKarir yang sudah di-download di Playstore. "Setelah semua administrasi selesai maka peserta dipersilakan masuk ke area Job Matching untuk melamar ke perusahaan-perusahaan yang tersedia," tutupnya.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar