SMA Negeri 5 Bandung Sosialisasi Soal PTN
SMA Negeri 5 Bandung Sosialisasi Soal PTN
Diposting oleh MAR
23 Februari 2018, 00:00 WIB    15 views       Sosialisasi

BANDUNG - SMA Negeri 5 Bandung memberikan Penyuluhan kepada siswa dan orang tua siswa mengenai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 dan Jalur Mandiri. Penyuluhan kali ini diisi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran (Unpad) Arry Bainus. Acara bertempat di Aula SMA Negeri 5, Jalan Belitung Nomor 8, Kota Bandung, Kamis (22/2/2018).

Arry Bainus memberikan pemaparan seputar profil Unpad, SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri Unpad, fakultas dan jurusan terfavorit hingga kouta setiap jurusannya. Selain itu pula, orang tua dan siswa diberikan tips memilih jurusan sesuai dengan prospek kerja kedepannya.

“Kedepan ada tantangan dunia, kita menghadapi gangguan dari teknologi hingga ekonomi. Kita  harus mengarahkan, jangan sampai anak-anak kita masuk ke bidang tertentu yang lapangan pekerjanya tidak akan ada,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMA Negeri 5 Bandung, Eka Harijanto mengatakan, kegiatan penyuluhan ini merupakan kali kedua, setelah sebelumnya penyuluhan dilakukan oleh pemateri dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Penyuluhan sebelumnya dilaksanakan pada 7 Februari 2018 oleh Wakil Direktur Eksekutif Penerimaan Mahasiswa Program Sarjana ITB, Achmad Syarief.  Menurutnya, penyuluhan ini bertujuan memberikan informasi kepada siswa kelas 12 dan orang tua siswanya mengenai SNMPTN dan SBMPTN di universitas tersebut. Eka menyebutkan, alasan pemilihan kedua universitas tersebut sebagai pemateri dalam penyuluhan adalah banyaknya siswa SMA Negeri 5 yang berminat memilih ITB dan Unpad di SNMPTN dan SBMPTN.

“Menurut data, minat siswa kebanyakan ke ITB dan Unpad,” pungkasnya.   

Orang Tua Sebaiknya Tidak Mengintervensi

Kepala Sekolah SMA Negeri 5, Sugiarto mengungkapkan, penyuluhan ini melibatkan orang tua siswa karena masih banyak orang tua yang menekan siswa agar masuk jurusan yang tidak diminati anaknya. Hal ini dinilai tidak baik bagi perkembangan siswa itu sendiri.  

Hal ini dibenarkan oleh salah seorang pembicara dari Unpad, Arry Bainus. Menurutnya sebagian besar kegagalan siswa masuk universitas adalah siswa yang mengikuti PTN tidak sesuai dengan minat dan bakatnya. Ia melihat generasi  saat ini berbeda dengan generasi orang tua dulu, sehingga orang tua siswa tidak bisa menekankan kehendaknya kepada anak. Akan tetapi, orang tua bisa memberikan pengarahan dan informasi kepada siswa mengenai jurusan yang siswa minati.  

"Biarkan siswa mengembangkan bakat dan minatnya, karena kita menghadapi genjerasi Z, sebuah generasi yang berbeda jauh dengan ortu. Mereka adalah generasi canggih yang diterpa oleh teknologi informasi. Kalau mereka mau ke jurusan tertentu boleh kita arahkan, bukan intervensi,” tutup Arry Bainus. 


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar