Tingkatkan Sumber Daya Pendidik, 13 Guru SMK Ikuti Diklat di Prancis
Sebanyak 13 guru sekolah menengah kejuruan (SMK) mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) di Prancis.
Tingkatkan Sumber Daya Pendidik, 13 Guru SMK Ikuti Diklat di Prancis
Oleh Nizar Al Fadillah
19 November 2019, 08:42 WIB    134 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) mengirimkan 13 guru sekolah menengah kejuruan (SMK) untuk mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) di Prancis selama tiga minggu. Selain merupakan implementasi kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dengan Kementerian Pendidikan Nasional dan Pemuda Prancis, kegiatan ini juga sebagai penguatan pendidikan kejuruan di Indonesia.

Ke-13 guru yang mengikuti diklat sejak 14 November 2019 ini, ditempatkan di tiga Campus des Métiers et des Qualifications (CMQ). CMQ merupakan sebutan sekolah kejuruan profesi dan kualifikasi yang ada di Prancis. Ketiga tempat tersebut, yakni CMQ Fecamp untuk bidang otomasi dan energi terbarukan, CMQ Toulouse (bidang aeronautik), dan CMQ Nice (hospitality).

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Prancis, Arrmanatha Cristiawan Nasir mengimbau para guru agar memahami metode pembelajaran yang diterapkan di Prancis supaya mampu menghasilkan lulusan yang kreatif, berdaya juang, dan kompeten. "Sehingga, nantinya mereka siap di dunia kerja," ujarnya.

Sementara itu, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Paris, Warsito menyatakan, warga Indonesia yang memiliki daya juang tinggi dan mudah beradaptasi, diharapkan dapat mengambil manfaat secara utuh dari diklat tersebut. Selain mendapatkan pengetahuan dan keterampilan teknis, iklim akademis di CMQ pun harus dipelajari sebaik-baiknya. "Karena, iklim tersebut tak bisa digantikan selain hadir dan ikut langsung di tengah-tengah proses pembelajaran," tuturnya.

Warsito pun mengapresiasi Pemprov Jabar yang proaktif mengadakan diklat semacam ini. Menurutnya, pemerintah provinsi lain pun dapat melakukan inisiatif serupa.

Koordinator rombongan, Dadan Wildan menyampaikan, kegiatan tersebut tak lepas dari upaya Pemprov Jabar dalam mendukung program pemerintah terkait penguatan sumber daya manusia, di antaranya melalui pengiriman guru ke luar negeri untuk diklat seperti ini.

Sedangkan Kasi Kesejahteraan Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan Jawa Barat, Budi Hermawan mengimbau para guru yang tengah mengikuti diklat mampu mengamalkan ilmu yang didapat kepada guru lain di satuan pendidikan masing-masing.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Disdik Jabar, Hendra Kusuma Sumantri menuturkan, hasil diklat tersebut akan ditindaklanjuti dengan beberapa rencana untuk minimal tiga tahun ke depan. Yakni, penandatanganan MoU antara Pemprov Jabar yang diwakili Disdik Jabar dengan CMQ Prancis serta pelatihan guru SMK untuk 4 bidang keahlian. Yaitu, kemaritiman, energi terbarukan, hospitality (tourism dan cullinery), dan aeronautic.

Selanjutnya, membuka peluang Twinning School program antara CMQ dan SMK-politeknik dan membuka peluang kerja sama dengan industri yang berasal dari Prancis untuk empat bidang keahlian tersebut.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar