43 SMK Ikuti Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran 2019
Sebanyak 43 SMK di Indonesia mengikuti Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK Tahun 2019 di Gedung A Graha Utama Kemendikbud, Jln. Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.
43 SMK Ikuti Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran 2019
Oleh Nizar Al Fadillah
05 Desember 2019, 11:45 WIB    1384 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Sebanyak 43 sekolah menengah kejuruan (SMK) di Indonesia mengikuti Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK Tahun 2019 yang digelar di Gedung A Graha Utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jln. Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (4/12/2019). Mendikbud Nadiem Makarim pun hadir dan mengunjungi beberapa stan pameran.

Dari 43 SMK yang diundang dalam pameran ini, lima di antaranya berasal dari Jawa Barat (Jabar). Yaitu, SMKN 1 Ciomas, SMKN 11 Bandung, SMK TI Pembangunan Cimahi, SMKN 2 Cimahi, dan SMK Pariwisata Metland School. Tiga sekolah pertama masuk kategori SMK yang menjalankan revolusi indusrti 4.0, sedangkan sekolah terakhir masuk kategori SMK pencetak wirausaha.

Guru Pembimbing Perwakilan SMKN 1 Ciomas, Januar Ashari mengatakan, pameran tersebut penting sebagai wadah memperkenalkan produk atau karya siswa SMK kepada masyarakat. Ia menilai, produk dan karya tersebut sudah bisa bersaing dengan industri ataupun negara lain. "Beberapa SMK sudah memiliki produk yang luar biasa. Tinggal bagaimana kementerian mendukung total potensi siswa SMK yang sudah memiliki karya bagus tersebut," tuturnya saat dihubungi, Kamis (5/12/2019).

Melalui pameran ini, lanjut Januar, sekolah juga bisa menunjukkan proses teaching factory di sekolah masing-masing. "Sekolah dengan pengelolaan teaching factory itu bagus dan diberi kesempatan untuk mengikuti pameran," ujarnya.

Ketua Program Jurusan Animasi SMKN 1 Ciomas itu menjelaskan, materi dalam pameran yang dibawakan oleh siswanya adalah game development. Salah satu game yang dipamerkan, yakni game "Kids Jaman Now", game edukasi yang dikemas ringan serta menyenangkan dan sudah bisa diakses melalui Playstore. Ia mengaku, stan sekolahnya termasuk yang paling banyak dikunjungi, tak terkecuali Mendikbud Nadiem Makarim. "Stan kita termasuk yang dikunjungi Pak Menteri. Beliau memainkannya sambil ketawa-ketawa karena lucu. Beliau pun bilang, 'Produknya bagus, sukses terus berkarya, ya'," ucapnya, meniru perkataan Mendikbud.

Menginspirasi

Sementara itu, Direktur Pembinaan SMK, Bakrun menegaskan, pameran ini harus menjadi pelecut bagi sekolah untuk terus berinovasi guna menghadapi revolusi industri 4.0 yang penuh disrupsi. "Dari pergelaran ini, peserta mendapatkan best practice dari SMK yang menghadirkan karyanya. Aktivitas ini sangat positif, mudah-mudahan menjadi inspirasi bagi para peserta," harapnya, seperti dilansir dari psmk.kemendikbud.go.id.

Ia pun mengimbau, pameran ini juga harus dimanfaatkan sebagai ajang berbagi dan belajar antara satu sekolah dengan sekolah lain. "Belajar tidak harus di kelas dan di pelatihan. Di sini juga kita belajar menumbuhkan ide-ide baru. Hal ini lebih cepat dibandingkan pelatihan dan pembelajaran formal," tutupnya.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar