5 Kunci Keberhasilan PPDB
Ketua Komisi Informasi Jawa Barat, Dan Satriana dalam "Evaluasi PPDB Tahun 2019, Perencanaan PPDB Tahun 2020" di Hotel Aston Pasteur, Jln. Dr. Djunjunan No. 96, Kota Bandung, Kamis (5/12/2019).
5 Kunci Keberhasilan PPDB
Oleh Riska Y. Imilda
05 Desember 2019, 16:44 WIB    591 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan berjalan baik apabila setiap pihak menjalankan dengan benar standar pelayanan minimal pendidikan dasar dan pendidikan menengah (Permendiknas Nomor 15/2010 yang telah diubah menjadi Permendikbud No. 3/2013). Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi Informasi Jawa Barat, Dan Satriana dalam "Evaluasi PPDB Tahun 2019, Perencanaan PPDB Tahun 2020" yang berlangsung di Hotel Aston Pasteur, Jln. Dr. Djunjunan No. 96, Kota Bandung, Kamis (5/12/2019).

Menurut Dan, selain menerapkan 8 standar pendidikan nasional (PP Nomor 19/2005), juga menjalankan program pemerataan layanan pendidikan se-Jawa Barat. "Kemudian, pengambilan kebijakan berdasarkan data pokok pendidikan (dapodik) dan sistem zonasi yang benar guna meningkatkan mutu pendidikan serta didukung pendaftaran yang sepenuhnya menggunakan pengelolaan berkas daring," tuturnya.

Hal ini, lanjutnya, bisa mengurangi berbagai permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan PPDB. Beberapa kondisi yang mungkin bisa memperburuk pelaksanaan PPDB, di antaranya kuota jalur seleksi yang belum mencerminkan rasio lulusan sekolah menengah atas (SMA) dan kondisi pemerataan penyediaan maupun kualitas penyelenggaraan pendidikan. "Maka dari itu, perlu mengajukan persentase kuota setiap jalur pendaftaran secara bertahap, rasio peserta didik, dapodik, dan kondisi pemerataan layananan penyelenggaraan sekolah," ujarnya.

Ia menegaskan, pertimbangan rasio yang benar serta menetapkan zonasi yang tepat menjadi poin penting. Hal ini juga berkaitan dengan menetapkan daya tampung untuk seleksi oleh Disdik dan sekolah serta memberi ruang guna menghindari zona titipan dengan memberikan kewenangan kepada sekolah. Seperti, memberikan usulan membuka jalur mandiri. "Jika hal ini dijalankan dengan benar, pelaksanaan PPDB akan berjalan lancar dan sukses," ungkapnya

Beberapa hal tersebut, tambahnya, menjadi penting setelah ada koordinasi dengan Disdik kota/kabupaten dan sekolah menengah pertama (SMP) sejak awal. "Ditambah proses pengelolan website dan media sosial secara tepat," pungkasnya.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar