Perkusi, Media Terbaik Latih Motorik Anak Tunagrahita
Siswa SLB C Terate Kota Bandung bermain perkusi pada peringatan Hari Disabilitas Internasional 2019.
Perkusi, Media Terbaik Latih Motorik Anak Tunagrahita
Oleh Riska Y. Imilda
13 Desember 2019, 11:35 WIB    500 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Musik menjadi salah satu media terbaik dalam melatih motorik anak berkebutuhan khusus (ABK), khususnya bagi penyandang tunagrahita. Metode ini diterapkan guru perkusi jimbe Sekolah Luar Biasa (SLB) C Terate Kota Bandung, Mohammad Fikri Fadillah.

Fikri tertarik menjadi guru musik ABK karena memberikan tantangan tersendiri. Bagi lelaki yang akrab dipanggil Abem ini, anak tunagrahita mempunyai keistimewaan sendiri sehingga memerlukan usaha lebih dalam mengajarinya.

“Perlu diketahui, anak tunagrahita adalah anak yang memiliki keterlambatan mental sehingga memengaruhi perkembangan motorik halus anak-anak istimewa ini,” ujarnya saat diwawancarai, Jumat (13/12/2019).

Menurut Abem, ABK memerlukan penanganan khusus, dimulai dari penyampaian ilmu hingga berlatih musik jimbe. Maka dari itu, ia menerapkan pelatihan parsial dan gabungan dengan beberapa sekolah lain guna memaksimalkan penampilan.

Seperti yang dilakukan Abem pada 30 ABK tunagrahita yang sukses tampil di acara Hari Disabilitas Internasional 2019 "Jabar Inklusi, Disabilitas Unggul" yang digelar Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat. Anak-anak dengan penuh percaya diri menampilkan kreativitas mereka.

Metode yang digunakan Abem ini sangat sederhana sehingga anak-anak bisa mengikutinya dengan baik. “Saya menerapkan beberapa gerakan yang mudah diikuti oleh mereka. Awalnya, saya dulu yang memukul samba dan alat perkusi lain, kemudian anak-anak mengikuti. Di sini, saya menyebutnya metode Copy,” tuturnya.

Menurut Ambe, musik merupakan media yang tepat bagi anak-anak agar bisa berkarya. Selain melatih motorik anak, musik juga bisa mengeluarkan bakat atau kemampuan mereka serta memberikan dampak positif bagi kesehatan anak.

“Harapan saya, semoga ke depan, perkusi jimbe bisa membantu anak-anak berkembang dan bertahan hidup dengan hobinya sendiri. Bahkan, jika mereka serius latihan akan mendapat bonus berupa finansial atau keuntungan lainnya,” pungkasnya.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar