Ratusan Siswa Deklarasikan Generasi Milenial Antikorupsi
Siswa SD hingga SMA se-Kota Bandung mengikuti Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di SMAN 1 Bandung, Jln. Ir. H. Juanda No. 93, Kota Bandung, Minggu (15/12/2019).
Ratusan Siswa Deklarasikan Generasi Milenial Antikorupsi
Oleh Nizar Al Fadillah
15 Desember 2019, 12:10 WIB    197 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar), Uu Ruzhanul Ulum bersama Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika dan Sekdisdik Jabar, Firman Adam  membacakan Deklarasi Generasi Milenial Antikorupsi yang diikuti ratusan siswa sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) se-Kota Bandung. Kegiatan Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia ini digelar di Halaman SMAN 1 Bandung, Jln. Ir. H. Juanda No. 93, Kota Bandung, Minggu (15/12/2019).

Deklarasi tersebut merupakan bagian kegiatan sosialisasi pendidikan antikorupsi yang diprakarsai oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Inspektorat Jabar, Penyuluh Antikorupsi Seluruh Indonesia (Paksi), Disdik Jabar, dan Disdik Kota Bandung.

Wagub menuturkan, korupsi merupakan persoalan besar yang sejak era reformasi masih belum terselesaikan. Sehingga, untuk mencegah perilaku tersebut, perlu ditanamkan pendidikan antikorupsi di satuan pendidikan guna memberi bekal kepada siswa agar mampu menganalisis perbuatan korupsi sejak dini. 

"Kegiatan ini mendorong sosialisasi antikorupsi untuk memberikan pengenalan, pembelajaran, dan pemahaman kepada siswa di sekolah tentang korupsi dan bahayanya," papar Uu. 

Ia menegaskan, program tersebut selaras dengan Peraturan Gubuernur (Pergub) Nomor 60 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Antikorupsi pada Satuan Pendidikan. Hal tersebut membuktikan bahwa Pemprov Jabar berkomitmen memberantas/mengentaskan perilaku korupsi. "Saya harap, Pergub ini diikuti oleh 27 kabupaten/kota agar penanaman antikorupsi di tingkat satuan pendidikan semakin masif," tuturnya.

Uu berharap, gencarnya sosialisasi antikorupsi di wilayah Jabar akan semakin menekan angka korupsi. "Mudah-mudahan, anak muda usia pelajar semakin paham perilaku antikorupsi," harapnya.  

Sementara itu, Kepala Inspektorat Jabar sekaligus Ketua Panitia Acara, Fery Sofyan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya untuk mendorong sosialisasi pendidikan antikorupsi pada satuan pendidikan di berbagai jenjang. "Ini adalah pondasi sebagai pengenalan bahaya korupsi di satuan pendidikan," jelasnya. 

Selain deklarasi antikorupsi, tambah Fery, ada juga berbagai rangkaian kegiatan yang akan dihelat. Yakni, senam massal betajuk "Sahabat Pemberani" yang dipimpin siswa SD Gagas Ceria Kota Bandung, simbolisasi antikorupsi dengan mengecap tangan di atas kain, flashmob, dan dongeng antikorupsi. 

Acara deklarasi antikorupsi tersebut berlangsung bersamaan dengan kegiatan Car Free Day (CFD). Sehingga, acara tersebut menyedot perhatian masyarakat Bandung yang tengah beraktivitas. 

Berikut isi Deklarasi Generasi Milenial Antikorupsi:

Kami putra putri Jawa Barat, dengan rahmat Allah yang Maha Kuasa, berkomitmen: 
1. Berjuang menjadi generasi milenial yang berintegritas.
2. Berjuang menerapkan nilai-nilai antikorupsi dalam kehidupan sehari-hari.
3. Berjuang menularkan nilai-nilai antikorupsi kepada masyarakat sekitar demi terwujudnya karakter Masagi.


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar