Kejujuran, Kunci Menghindari Tindakan Korupsi
Kadisdik Jabar, Dewi Sartika dalam Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di Halaman SMAN 1 Bandung, Jln. Ir. H. Juanda No. 93, Kota Bandung, Minggu (15/12/2019).
Kejujuran, Kunci Menghindari Tindakan Korupsi
Oleh Nizar Al Fadillah
15 Desember 2019, 14:16 WIB    160 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Salah satu karakter yang harus dimiliki siswa untuk memerangi tindakan korupsi sejak dini adalah jujur. Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dewi Sartika dalam Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia yang digelar di Halaman SMAN 1 Bandung, Jln. Ir. H. Juanda No. 93, Kota Bandung, Minggu (15/12/2019).

"Anak-anak harus tahu bahwa dalam kehidupan itu perlu kejujuran. Dari sana, mereka akan memiliki integritas untuk menjalani kehidupan," tegasnya.

Setelah kejujuran, lanjut Kadisdik, siswa harus selalu dibiasakan mengikuti proses atau aturan yang berlaku. Hal tersebut dapat mencegah anak dari perilaku manja dan ingin mendapatkan sesuatu dengan cara instan. "Misalnya, anak malas bikin KTP, malas ngurusin, terus ujung-ujungnya ngasih uang agar cepat diurus. Nah, kebiasaan-kebiasaan seperti ini harus diubah. Sebagai orang tua, kita harus berusaha agar tak memanjakan anak seperti itu," imbau Kadisdik.

Sehingga, tambahnya, ada peran penting antara orang tua di rumah dan guru di sekolah yang berkolaborasi guna mewujudkan pendidikan antikorupsi terhadap anak. "Selain di rumah, kita juga bisa mulai di sekolah agar anak-anak terbiasa melalui proses. Karena, di sana ada kejujuran, integritas, dan upaya untuk menaati peraturan yang ada," tuturnya.

Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia ini diisi berbagai rangkaian kegiatan. Yakni, pembacaan Deklarasi Generasi Milenial Antikorupsi yang dipimpin Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, senam massal betajuk "Sahabat Pemberani" yang dipimpin siswa SD Gagas Ceria Kota Bandung, simbolisasi antikorupsi dengan mengecap tangan di atas kain, flashmob, dan dongeng antikorupsi. 

Acara tersebut merupakan bagian  sosialisasi pendidikan antikorupsi yang diprakarsai oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, bekerja sama dengan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK), Inspektorat Jabar, Penyuluh Antikorupsi Seluruh Indonesia (Paksi), Disdik Jabar, dan Disdik Kota Bandung.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar