Ini Dia Potensi Kerja Jurusan Soshum yang Paling Diminati Peserta SBMPTN
Ini Dia Potensi Kerja Jurusan Soshum yang Paling Diminati Peserta SBMPTN
Diposting oleh MAR
06 Februari 2018, 00:00 WIB    16 views       Headline

BANDUNG - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Biasanya, siswa-siswi yang tidak lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur undangan akan kembali mengikuti SBMPTN.

Menurut Ketua Panitia Pusat SBMPTN-SNMPTN Kemenriatekdikti, Ravik Karsidi, seperti yang dikutip dari ristekdikti.go.id, pada SNMPTN dan SBMPTN tahun 2018 akan diikuti 85 PTN. Penyelanggaraan penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada PTN ini diatur dalam Undang-undang nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, dan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

“Pada 2017 lalu, ada 10 program studi yang paling banyak diminati oleh peserta SBMPTN. Program studi tersebut adalah Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, Pendidikan Dokter, Teknik Sipil, Ilmu Komunikasi, Teknologi Informasi, Psikologi, Farmasi, dan Agribisnis,” katanya.

Berikut ini, potensi kerja tiga program studi dengan minat terbanyak pada SBMPTN tahun 2017.

1.    Manajemen

       Program studi Manajemen bisa dikatakan sebagai program studi dengan potensi kerja yang cukup luas, karena bidang ini merupakan bidang yang fleksible dan dibutuhkan di berbagai bidang lainnya. Biasanya lulusan program studi ini dapat bekerja sebagai     

       manager proyek, manager keuangan yang bertugas mengelola anggaran, manager sumber daya manusia (SDM), manager pemasaran, dan lain sebagainya.

2.    Akuntansi

       Program studi akuntasi merupakan salah satu program studi yang menjanjikan dari segi pendapatan. Sama halnya dengan program studi managemen, akuntansi dibutuhkan oleh banyak bidang di perusahaan. Potensi pekerjaannya pun beragam, diantaranya     

       menjadi akuntan publik, akuntan intern, perencanaan keuangan, akuntan pendidik, konsultan, auditor dan masih banyak lagi.

3.    Ilmu Hukum

       Jangan kira masuk program studi ilmu hukum hanya akan menjadi seorang jaksa atau hakim. Program studi ini memberikan kesempatan kerja yang sangat luas, diantaranya selain menjadi jaksa dan hakim, ada juga pengacara, birokrat, diplomat, dosen, wartawan, 

       notaris, dan masih banyak lagi.


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar