KNPI Kecamatan Andir Adakan Penyuluhan Pemilihan Umum untuk Pemuda
KNPI Kecamatan Andir Adakan Penyuluhan Pemilihan Umum untuk Pemuda
Diposting oleh MAR
07 Desember 2017, 00:00 WIB    15 views       Kegiatan

BANDUNG - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Andir Kota Bandung menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan di Aula SMA Trinitas Bandung, Jl. Kebon Jati No.209, Andir Bandung, pada Kamis (7/12/2017). Acara tersebut mengangkat tema mengenai" Penyelenggaraan Pemilu Bagi Generasi Milenial agar Antusias, Aktif dan Riang Gembira di Pilkada Serentak 2018".  

Ketua PK KNPI Kecamatan Andir, Teten  Rusmana mengatakan, para peserta terdiri dari pemilih pemula yang berasal dari siswa SMA di Kota Bandung. Para peserta mendapatkan penyuluhan dari Wakil DPD KNIP Kota Bandung, Dudung, KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Bandung, Ahmad Rozikin dan Ketua Panwas (Panitia Pengawas) Kecamatan Andir. Setelah mendapat penyuluhan, para peserta melakukan simulasi pemilihan langsung seperti pada TPS (Tempat Pemungutan Suara) sesungguhnya.Ia menambahkan, acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pemilih pemula tentang pemilihan serta mendorong pemuda untuk berpartisipasi dalam pemilihan.

"Kegiatan ini diperuntukan untuk pemilih pemula, khususnya yang sudah  berusia 17 tahun. Kami mengadakan acara seperti ini untuk mereka yang belum paham (red-pemilu). Kami adakan simulasi tentang pemilihan, dan pada acara ini pun kami mengadakan acara pelatihan kepemimpinan sekaligus praktik simulasi di tempat TPS seperti layaknya kita pemilihan." ujarnya.

Teten menuturkan, partisipasi pemuda dalam pemilihan umum dan politik masih kurang, hal ini sesuai dengan survei yang timnya lakukan. Dalam survei tersebut, tingkat antusias pemilih pemula tidak sampai 70 persen, dan bahkan sempat menurun. Hal tersebut juga menurutnya yang menjadi latar belakang diadakannya acara ini 

“Harapan saya, acara ini harus bisa dilakukan oleh setiap instansi khususnya lembaga-lembaga pendidikan.” pungkasnya.


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar