UKK Dihapus, Dirjen Pendidikan Vokasi Mendikbud Usulkan 4 Alternatif
UKK Dihapus, Dirjen Pendidikan Vokasi Mendikbud Usulkan 4 Alternatif
Oleh Nizar Al Fadillah
03 April 2020, 12:56 WIB    504 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Ada empat cara alternatif yang bisa dipilih untuk mengganti proses penilaian uji kompetensi keahlian (UKK) yang dihapuskan sementara karena pandemi Covid-19. Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Vokasi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Patdono Suwignjo.

Pertama, ungkapnya, penilaian UKK berdasarkan nilai kompetensi praktik siswa yang telah dilakukan pada semester I-V. "Karena, pada kurikulum SMK terdapat kompetisi praktik dengan proporsi 60 sampai 70 persen (lebih besar)," ungkap Patdono, seperti dilansir kemdikbud.go.id, Kamis (3/4/2020).  

Kedua, lanjutnya, menggunakan penilaian praktik industri yang dilaksanakan siswa selama tiga bulan. Ketiga, menggunakan catatan nilai dari uji sertifikasi keahlian siswa. "Terakhir, apabila pandemi Covid-19 sudah selesai, satuan pendidikan bisa bekerja sama dengan lembaga sertifikasi profesi (LSP) maupun dengan industri untuk melakukan uji sertifikasi kompetensi bagi siswa SMK," tuturnya. 

Hal serupa disampaikan Plt. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan (Balitbang), Totok Suprayitno. Ia mengatakan, ada berbagai alternatif yang bisa digunakan sebagai indikator kelulusan siswa. Misalnya, sekolah dapat menggunakan nilai semester genap tahun terakhir sebagai tambahan nilai kelulusan. 

“Nilai tersebut menjadi dasar nilai ijazah yang digunakan untuk keperluan lebih lanjut, termasuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Jadi, ini memang relaksasi dari kebijakan-kebijakan yang selama ini dilakukan,” jelasnya. 

Seperti yang diketahui, melalui Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020, Mendikbud Nadiem Makarim meniadakan penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) dan UKK bagi siswa SMK. Keputusan tersebut diambil karena Indonesia sedang dalam masa pandemi Covid-19.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar