Memilih Masker Kain yang Tepat Cegah Virus Corona
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah mengimbau seluruh masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.
Memilih Masker Kain yang Tepat Cegah Virus Corona
Oleh Rury Yuliatri
13 April 2020, 13:36 WIB    742 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Menyusul imbauan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah untuk menggunakan masker bagi masyarakat yang beraktivitas di luar rumah, belakangan banyak beredar cara membuat masker. Mulai dari cara sederhana dengan memanfaatkan kaus, bandana hingga syal tanpa dijahit. 

Masker diyakini dapat melindungi seseorang dari penyakit yang menular lewat saluran pernapasan, termasuk infeksi virus corona. Namun, hal ini efektif bila digunakan dengan benar. Sebelum dan sesudah menggunakan masker, sebaiknya mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. 

Melansir health.kompas.com, sebenarnya hingga kini belum ada studi terkait desain atau model masker kain untuk mencegah Covid-19. Namun, pastikan masker yang digunakan dapat menutup mulut dan hidung dengan sempurna. Yang paling penting, masker harus benar-benar pas. Masker kain tiga lapis (dengan lapisan yang bisa diberi tisu untuk filter tambahan) lebih bagus ketimbang masker kain dua lapis.

Saat memilih bahan masker kain, pertimbangan utama adalah efektivitas mencegah droplet dan nyaman digunakan. Rekomendasi bahan masker kain adalah katun. Hindari kain tenun, rajutan, polyester, spandex, dan kain yang susah kering atau mudah lembap. Karena, kain yang susah kering dan mudah lembap rentan menjadi sarang kuman berkembang biak.

Demi kesehatan, sebaiknya setiap anggota keluarga mempunyai beberapa masker kain. Sehingga, selalu tersedia masker kain cadangan yang bersih. Sebab, menggunakan masker kain berulang tanpa dibersihkan berpotensi membuat kuman menempel di bagian dalam masker. 

Setelah masker kain selesai digunakan, cuci hingga bersih dan jemur sampai benar-benar kering. Kendati masker dapat melindungi diri dari Covid-19, namun cara terbaik mencegah penularan virus corona adalah tetap tinggal di rumah dan jaga kebersihan. Selain itu, jaga jarak aman dengan orang sekitar dan rajin mencuci tangan memakai sabun.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar