Ekskul SMAN 3 Cibinong Ciptakan Video Informatif Seputar Covid-19
Seluruh kegiatan ekskul SMAN 3 Cibinong Kabupaten Bogor mengunggah video informasi mengenai pandemi Covid-19 di media sosial Instagram.
Ekskul SMAN 3 Cibinong Ciptakan Video Informatif Seputar Covid-19
Ekskul SMAN 3 Cibinong Ciptakan Video Informatif Seputar Covid-19
Ekskul SMAN 3 Cibinong Ciptakan Video Informatif Seputar Covid-19
Oleh Nizar Al Fadillah
16 April 2020, 12:21 WIB    1592 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Seluruh ekstrakurikuler (ekskul) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Cibinong Kabupaten Bogor mengunggah video informasi mengenai pandemi Covid-19 di media sosial Instagram. Setiap ekstrakurikuler memberikan informasi dengan ciri khas ekskulnya tersebut. 

Salah satunya, Senismantic. Terdiri dari bidang musik, tari, dan paduan suara, ekskul seni budaya SMAN 3 Cibinong itu memberikan informasi dengan cara yang unik. 

Di bidang paduan suara, beberapa siswa bernyanyi di rumah masing-masing sambil menyanyikan lagu "Baby One More Time" milik Britney Spears yang liriknya diubah dengan menggambarkan suasana self-quarantine (karantina mandiri) yang tengah mereka jalani.  

Sedangkan di bidang seni tari, terlihat beberapa siswa mempraktikkan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menari sambil diiringi musik. 

Selain itu, ada juga ekskul rohani siswa (rohis) yang tengah berdiskusi dengan anggota rohis lainnya membahas pandemi Covid-19 seraya menginformasikan kebijakan-kebijakan yang diambil Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

Total, ada 19 ekskul yang berpartisipasi dalam program tersebut. Seluruh video ekskul bisa dilihat di sorotan akun Instagram resmi sekolah @sman3cibinong.

Bermanfaat bagi Masyarakat

Kepala SMAN 3 Cibinong, Asep Anwar menjelaskan, pihaknya ingin ilmu yang dimiliki siswa seputar pandemi Covid-19 ini tak hanya bermanfaat bsgi dirinya sendiri, tapi juga untuk masyarakat. "Di awal, siswa sudah belajar dari rumah tentang materi Covid-19. Dengan mempraktikkan informasi yang mereka miliki melalui video yang diunggah ke media sosial, jadi bisa diakses oleh masyarakat," ujarnya saat dihubungi, Kamis (16/4/2020). 

Dengan demikian, Asep berharap, siswa ikut berperan dalam upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Selain itu, program ini juga menjadi alternatif penilaian keikutsertaan siswa di rapor. 

"Biasanya, penialian ekskul kan melalui praktik atau tes. Kita akan jadikan tugas (membuat video) ini menjadi salah satu indikator penilaian mereka. Karena, untuk berpraktik kan enggak mungkin," tuturnya. 

Ia menegaskan, pembina ekskul pun turut berperan aktif dalam program ini. Pembina ekskul berperan sebagai penyelaras tema dan konten yang dibuat oleh siswa. Nantinya, akan dipilih tiga video terbaik dan akan diberikan apresiasi berupa piagam dan hadiah lainnya. "Karya mereka pun akan ditampilkan di mading digital sekolah," paparnya. 

Selain itu, menjelang bulan Ramadan, pihaknya akan melakukan bakti sosial berbagi sembako kepada masyarakat dengan melibatkan pengurus OSIS, MPK, dan ekskul. "Kalau di Provinsi kan ada Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu), kalau gerakan kita bernama 'Berbagi Yuk'," pungkasnya.***


 Komentar (Ada 12 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


Farida
Salah satu bentuk kegiatan positif selama #dirumahaja.. Menyalurkan ekspresi, kreatifitas dan pengetahuan tentunya.. SMANTIC ISTIMEWA.
BALAS
17 April 2020, Pukul 11:23 WIB
At Muslihah
Kreatif, produktif, kereeen, terutama eskul rohisnya diahir ada berdo,anya, kita aaminnkn yu, biar covid cepat berlaluu
BALAS
17 April 2020, Pukul 11:00 WIB
Anwar
Terima kasih Disdik atas apresiasinya... maju terus ekskul smantic
BALAS
17 April 2020, Pukul 09:32 WIB
Ivy Nur Hasna
KEREEEN ???????? sukses selalu SMANTIC ????
BALAS
16 April 2020, Pukul 16:51 WIB
Winda Yulinda
Ekskul SMANTIC paling kreatif, inovatif, dan fantastic. Selalu menjadi yang terbaik ya, Tetap semangat dan sukses terus. Ekskul SMANTIC memang KEREEENNSS....!!
BALAS
16 April 2020, Pukul 16:46 WIB
shila
proud to be estatic!??
BALAS
16 April 2020, Pukul 16:41 WIB
Taliya qory
Waah, sangat bermanfaat sekali di kala waktu seperti ini. Selain bisa mengisi waktu juga membuat siswa produktif
BALAS
16 April 2020, Pukul 15:15 WIB
Herlin Kristiyosuci
Bagus dan kreatif dan memberikan pencerahan pendidikan covid
BALAS
16 April 2020, Pukul 15:04 WIB
Arini alifsah
Video mengenai covid-19 ini jelas sebuah kreativitas besar untuk sekolah dan semoga bisa membawa dampak positif untuk warga lainnya
BALAS
16 April 2020, Pukul 14:57 WIB
Euis
Dengan diadakannya lomba antar ekskul siswa di tengah covid 19 ini bukan berarti kreativitas terhenti tapi justru lebih termotivasi baik bagi guru maupun siswa. Terlepas dari itu Ide kepala sekolahnya yang memang sangat luar biasa dan patut diajungi jempol. Luar biasa dan kereeen.
BALAS
16 April 2020, Pukul 14:52 WIB
Neneng Habibah
Program yang bagus,anak anak berkarya menurut caranya sendiri sesuai dengan karakternya.Anak juga belajar memahami situasi dan belajar peduli terhadap apa yang terjadi sesuai dengan mencoba mengekspresikan lewat karya imajinatifnya
BALAS
16 April 2020, Pukul 14:42 WIB
AaMomon
Kegiatan yang positif bagi peserta didik selama belajar di rumah. Mereka berbagi dalam bentuk kreasi sesuai minat dan bakatnya sesuai ekskul masing-masing. Smantic memang istimewa...
BALAS
16 April 2020, Pukul 14:07 WIB