"Lahad", Bentuk Baku Kata Lahat
"Lahad", Bentuk Baku Kata Lahat
Oleh Rury Yuliatri
27 Juni 2020, 08:16 WIB    156 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, protokol atau tata cara menguburkan jenazah pasien terpapar virus corona sedikit berbeda dengan penguburan biasa. Pengurusan jenazah pasien terjangkit virus corona ini harus dilakukan sesuai protokol medis yang ditentukan, namun tetap harus memperhatikan ketentuan syariat. 

Terkait pengurusan jenazah, yang mesti diperhatikan adalah pengurusan jenazah hanya boleh dilakukan oleh Dinas Kesehatan yang sudah ditunjuk. Kemudian, jenazah yang sudah melalui proses sesuai aturan medis ini, langsung dimasukkan bersama peti ke dalam liang lahad. Hal ini dilakukan tanpa harus membuka peti, plastik, dan kafan jenazah tersebut. Penguburan beberapa jenazah dalam satu liang lahad pun diperbolehkan karena termasuk dalam kondisi darurat.

Namun, dalam pembahasan kali ini, yang akan kita bahas adalah penggunaan atau penulisan kata "lahat". Pada tulisan di atas, penulisan kata liang lahat ditulis dengan kata "lahad".   

Lalu, bagaimana sebenarnya cara penulisan kata yang tepat? Sebab, bila kita perhatikan, penulisan kata liang lahat di media massa lebih banyak digunakan daripada liang lahad. Sehingga, kita pun menjadi terbiasa menggunakan atau menulis kata liang lahat. Bahkan, mungkin kita tidak tahu bahwa sebenarnya penulisan kata liang lahat itu kurang tepat.  

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penulisan yang benar adalah lahad/la·had/ n ceruk atau relung di lubang kubur tempat meletakkan mayat;serasa di liang -- , ki 1 serasa sempit sekali; 2 sangat sedih dan kesepian.

Nah, sekarang sudah tahu ya penulisan kata yang tepat. Ya, liang lahad. Yuk, mulai sekarang kita biasakan menggunakan kata yang tepat sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan jangan jemu membuka KBBI!***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar