Seriawan, Penulisan Kata yang Tepat
Seriawan, Penulisan Kata yang Tepat
Oleh Rury Yuliatri
04 Juli 2020, 09:56 WIB    149 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Sepertinya, hampir semua orang pernah mengalami seriawan. Makan terasa sakit, minum sulit, bahkan menyikat gigi terasa perih. Kadang, seriawan bisa menetap di mulut hingga beberapa minggu dan meninggalkan bekas luka. Namun, biasanya seriawan akan hilang dan sembuh sendiri dalam waktu 10 hingga 14 hari.

Sebenarnya, kita bisa meredakan nyeri seriawan ini dengan berkumur memakai air garam. Selain itu, kita perlu lebih berhati-hati saat menyikat gigi serta menghindari makanan pedas. Agar seriawan ini tidak muncul kembali, kita bisa mencegahnya dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut, menyikat gigi dengan benar serta mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.

Namun, yang akan kita bahas di sini adalah penggunaan kata seriawan. Sebenarnya, bagaimana cara penulisan yang benar? Karena, kata ini seringkali ditulis dan dilafalkan dengan sariawan.

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata yang benar adalah seriawan/se·ri·a·wan/ n penyakit pada gusi, bibir bagian dalam, langit-langit mulut, atau lidah (tampak merah atau putih dan melepuh).

Contoh: Berkumur dengan air garam mampu mengurangi nyeri seriawan.

Nah, sekarang sudah tahu ya penulisan kata yang tepat, yaitu seriawan. Jangan salah lagi, ya!***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar