Pundung, Bahasa Gaul Sunda yang Resmi Masuk KBBI
Pundung, Bahasa Gaul Sunda yang Resmi Masuk KBBI
Oleh Rury Yuliatri
19 Juli 2020, 10:59 WIB    2341 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Dalam kaidah penyerapan bahasa Indonesia, bahasa daerah merupakan prioritas kedua setelah bahasa Melayu. Sedangkan bahasa asing diposisikan sebagai alternatif terakhir. Alasan prioritas ini merupakan langkah untuk mempertahankan identitas bahasa Indonesia agar tidak terlalu banyak serapan kosakata asing ke dalam bahasa Indonesia. 

Nah, pada Kata Hari ini (Kahani), kita akan membahas kata pundung. Kata yang merupakan bahasa Sunda dan sering digunakan oleh masyarakat ini, sudah masuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Unsur Sunda yang masuk dalam KBBI dilabeli (Sd). Kata pundung dalam KBBI mengandung arti a Sd pergi atau berhenti melakukan sesuatu karena merajuk.

Sebagai bahasa daerah dengan penutur yang cukup banyak, bahasa Sunda mempunyai kemantapan, baik dalam tata bahasa, kamus maupun pemakaiannya. Bahasa Indonesia akan senantiasa berkembang sesuai perkembangan masyarakat penuturnya.

Istilah pundung juga menjadi kata yang umum digunakan oleh pengguna sosial media saat mengomentari atau mengunggah sesuatu. Namun, karena makna pundung ini memiliki konotasi negatif, sebaiknya kita jangan jadi orang yang mudah pundung, ya. Tetap positif dan semangat!***

 


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar