Intip Kesiapan Siswa SMAN 1 Pabuaran Jadi Anggota Paskibraka
Tiga siswa SMAN 1 Pabuaran terpilih menjadi Paskibraka Kabupaten Subang tahun 2020.
Intip Kesiapan Siswa SMAN 1 Pabuaran Jadi Anggota Paskibraka
Oleh Nizar Al Fadillah
05 Agustus 2020, 13:50 WIB    370 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Bulan Agustus menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota ekstrakurikuler (ekskul) Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di Indonesia. Sebab, di bulan Kemerdekaan ini, mereka bisa menorehkan sejarah sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), baik di tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional. Tiga siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Pabuaran Subang berhasil menjadi bagian dari sejarah tersebut. 

Mereka adalah Nabila Putri Rifaira, Muhammad Taupik H.S., dan Rizal Arifin. Ketiganya terpilih menjadi Paskibraka Kabupaten Subang tahun 2020. 

Nabila mengungkapkan, dirinya tak bisa menyembunyikan perasaan bahagia saat terpilih menjadi anggota Paskibraka. Sebab, menjadi Paskibraka harus mengikuti beberapa tahap. Di antaranya, tes kesehatan di tahap pertama, psikotes, pengetahuan umum dan dasar baris- berbaris di tahap kedua serta unjuk bakat di bidang seni pada tahap terakhir.

"Alhamdulillah, senang banget dan bangga juga. Enggak nyangka saya bisa kepilih. Soalnya, banyak juga saingannya," tuturnya saat dihubungi, Rabu (5/8/2020).

Meski dalam masa pandemi, namun siswa kelas XI itu mengaku tetap semangat berlatih. "Walau enggak seperti tahun-tahun kemarin yang disatukan dalam satu pasukan, tapi tetap membanggakan," ungkapnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, anggota Paskibraka kabupaten tahun ini tidak akan mengibarkan bendera pusaka di kantor pemerintahan kabupaten, melainkan ditugaskan mengibarkan bendera pusaka di tiap-tiap kecamatan domisili para anggota. Termasuk Nabila, Taupik, dan Rizal yang akan mengibarkan bendera di Kecamatan Pabuaran. Nabila bertugas sebagai pembawa bendera, Rizal sebagai pembentang bendera, dan Taupik bertugas mengerek bendera.

Bagi Taupik, pandemi Covid-19 memberikan hikmah tersendiri. Selain membuat bertambahnya anggota Paskibraka kabupaten, semua anggota pun bisa menjadi tim inti pada proses pengibaran bendera, bukan hanya tim pengiring. "Karena pandemi ini, semua anggota menjadi tim inti. Jadi, ada yang disyukuri juga," ucap siswa kelahiran 15 Februari 2004 tersebut.

Siswa yang hobi bermain sepakbola itu mengaku mendapatkan banyak pengalaman berharga dari ekskul Paskibra, yakni menguji fisik dan mental. Hal tersebut selaras dengan cita-citanya yang ingin menjadi TNI. 

Sedangkan Rizal mengaku sangat tersanjung ketika ditugaskan sebagai pembentang bendera. Baginya, hal itu merupakan tantangan yang harus ia hadapi dan lakukan dengan baik. "Ketika ditugaskan sebagai pembentang bendera, saya takut salah. Tapi karena diberi kepercayaan, saya akan berusaha sungguh-sungguh untuk diri sendiri dan membanggakan sekolah," tutur siswa yang juga atlet bola tangan ini.

Sama seperti Taupik, Rizal pun mengaku mendapatkan banyak hal dari Paskibra. Mulai dari jiwa kepemimpinan yang terasah, dituntut disiplin, dan belajar baris-berbaris. "Pokoknya, ekskul ini sangat memotivasi saya," tegasnya. 

Rizal, Nabila, dan Taupik menegaskan, mereka siap mengikuti latihan intensif hingga pengukuhan anggota dan pengibaran bendera pada 17 Agustus 2020, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Sementara itu, Pembina Ekskul Paskibra SMAN 1 Pabuaran, Gusni Nugraha As Syiba mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan siswa untuk mengikuti seleksi Paskibraka jauh-jauh hari. Biasanya, setiap awal tahun pembelajaran, ekskul Paskibra sudah melakukan proses seleksi dan pelatihan. "Jadi, ketika ada surat edaran tentang seleksi Paskibraka di tingkat kabupaten, kita di sini udah siap," ujarnya.

Pihak sekolah pun, menurut Gusni, selalu memfasilitasi seluruh kebutuhan anggota ekstrakurikuler, tak terkecuali Paskibra. "Selama seleksi, mereka juga diberikan uang saku, ada pembinaan serta arahan dari wakasek dan yang lainnya," tutupnya.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar