Persiapan Paskibraka Kota Bandung Menyambut HUT ke-75 RI
Paskibraka Kota Bandung tengah menjalani latihan di Plaza Balai Kota Bandung, Jln. Wastukencana No. 2, Kota Bandung, Selasa (11/8/2020).
Persiapan Paskibraka Kota Bandung Menyambut HUT ke-75 RI
Persiapan Paskibraka Kota Bandung Menyambut HUT ke-75 RI
Persiapan Paskibraka Kota Bandung Menyambut HUT ke-75 RI
Persiapan Paskibraka Kota Bandung Menyambut HUT ke-75 RI
Persiapan Paskibraka Kota Bandung Menyambut HUT ke-75 RI
Oleh Nizar Al Fadillah
11 Agustus 2020, 17:59 WIB    204 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Suasana pandemi tak menyurutkan semangat 20 anggota Paskibraka Kota Bandung tahun 2020 untuk berlatih. Latihan rutin yang mereka jalani sejak minggu kemarin di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana No. 2, Kota Bandung ini, bertujuan memantapkan persiapan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) di Kota Bandung.

Sesuai dengan kebijakan yang diambil pemerintah, pengibaran bendera pusaka tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya, pengurangan jumlah anggota Paskibraka. Jika biasanya jumlah anggota sebanyak 100 orang, tahun ini anggota Paskibraka Kota Bandung hanya berjumlah 20 anggota.

Salah seorang anggota Paskibraka, Muhammad Mifftah Fauzan mengungkapkan, meski sedikit kecewa karena adanya pengurangan anggota, namun ia merasa mendapatkan amanat cukup berat. Sehingga, hal tersebut menggugah semangatnya untuk memberikan yang terbaik. "Agak kecewa karena saya jadi enggak punya banyak temen. Sekaligus, saya merasa lebih tegang karena punya tanggung jawab lebih besar. Jadi lebih deg-degan, tapi harus siap," ungkapnya saat ditemui usai latihan, Selasa (11/8/2020).

Siswa SMA Istiqamah Kota Bandung itu menuturkan, jalannya latihan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Seperti menjaga jarak, membiasakan mencuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas serta memakai alat pelindung diri saat berbaris, yakni masker dan face shield

Selain itu, ia pun mengaku mendapatkan dukungan penuh dari orang tua. "Orang tua mendukung dan mengizinkan, dengan tetap menitip pesan agar terus memakai masker, banyak minum, dan menjaga asupan makanan," tutur siswa yang mengaku mengikuti Paskibra karena terinspirasi dari keluarganya yang merupakan purna-Paskibra.

Lebih jauh, Mifftah menambahkan, ekstrakurikuler Paskibra sangat mengubah kebiasaannya. "Aku jadi lebih rajin dan sigap, bangun juga jadi lebih pagi," aku siswa yang gemar berolahraga tersebut. 

Hal yang sama dirasakan anggota Paskibraka Kota Bandung lainnya, Aulia Citra Anggita. Meski merasa sedih karena anggota Paskibraka tahun ini sedikit, namun baginya hal tersebut memberikan tanggung jawab yang lebih besar. 

Siswa SMKN 3 Bandung itu pun mengaku mendapat banyak pelajaran berharga dari Paskibra. "Hidup jadi lebih teratur dan disiplin. Malah yang biasanya hanya sedikit bantuin kerjaan Mamah di rumah, sekarang semuanya bisa aku lakukan sendiri," ungkap siswa yang hobi menggambar dan menari ini.

Berbeda dengan Mifftah, Aulia tertarik Paskibara diawali dari layar kaca. Saat SMP, ia melihat pengibaran bendera pusaka di televisi. Kesan pertama yang ia dapatkan adalah keren sehingga ia ingin menjadi seperti itu. "Paskibra juga ngebuat aku lebih disiplin dan teratur," pungkasnya.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar