Oasis, bukan Oase
Oasis, bukan Oase
Oleh Rury Yuliatri
29 Agustus 2020, 10:40 WIB    270 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Dalam ilmu geografi, oase adalah suatu daerah subur terpencil yang berada di tengah gurun, umumnya mengelilingi suatu mata air atau sumber air lainnya. Oase juga dapat menjadi habitat bagi hewan, bahkan manusia jika memiliki area yang cukup luas. Lokasi oase ini pun sangat penting dalam rute perdagangan dan transportasi di daerah gurun pasir.

Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari, kita lazim menggunakan kata oase jika menggambarkan sesuatu yang membahagiakan di tengah suasana tidak menyenangkan. Seperti, "bagai oase di padang pasir." Tapi, ternyata kata oase dalam istilah tersebut salah.

Jika merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penulisan kata oase yang benar adalah oa.sis n daerah di padang pasir yang berair cukup untuk tumbuhan dan permukiman manusia; wahah n ki tempat, pengalaman, dan sebagainya yang menyenangkan di tengah-tengah suasana yang serba kalut dan tidak menyenangkan.

Contoh: Oasis menakjubkan ini bagai keajaiban di gurun pasir.

Nah, sekarang kita sudah tahu penulisan kata yang tepat, yakni oasis.

Kau bagai oasis yang melegakan dahaga di tengah gurun pasir kehidupan. Dan aku, akan belajar seperti kaktus yang tak pernah mengeluh meski di padang tandus. #Cmiiiww***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar