Empat Siswa SMAN 1 Campaka Dilantik menjadi Pramuka Garuda
Empat siswa SMAN 1 Campaka Kabupaten Purwakarta dilantik menjadi Pramuka Garuda pada HUT Gerakan Pramuka yang digelar Kwartir Ranting Campaka, Selasa (25/8/2020).
Empat Siswa SMAN 1 Campaka Dilantik menjadi Pramuka Garuda
Empat Siswa SMAN 1 Campaka Dilantik menjadi Pramuka Garuda
Empat Siswa SMAN 1 Campaka Dilantik menjadi Pramuka Garuda
Oleh Nizar Al Fadillah
29 Agustus 2020, 14:20 WIB    327 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Empat siswa SMAN 1 Campaka Kabupaten Purwakarta dilantik menjadi Pramuka Garuda. Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (siaga, penggalang, penegak, dan pandega). Mereka dilantik pada Hari Ulang Tahun (HUT) Gerakan Pramuka yang digelar Kwartir Ranting Campaka pada Selasa (25/8/2020). Pelantikan dilakukan oleh Bupati Purwakarta sekaligus Ketua Kwarcab, Anne Ratna Mustika yang diwakili Camat Campaka, Ade Sumarna.

Keempat siswa tersebut adalah Tri Yunita Putri, Yunia Nurhaliza, Handi Muhammad, dan Ramos Tarihoran. 

Salah seorang siswa, Putri tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya. Ia mengaku sangat senang dan bangga bisa mencapai tingkat Pramuka Garuda. Menurutnya, bukan hal mudah meraih predikat tersebut sebab ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi. 

Di antaranya, telah memiliki kecakapan umum tingkat bantara dan laksana, menguasai dan mampu berbahasa internasional serta telah membuat proyek produktif untuk masyarakat. 

"Proyek yang kami buat untuk masyarakat adalah membuat proposal kegiatan secara virtual. Misal, kalau ada kegiatan kerja bakti atau acara tahunan, saya yang buat proposalnya. Selain itu, kami juga membuat penjernihan air dari bahan limbah yang sudah tak terpakai," tutur siswa kelas XII IPA 2 ini, Sabtu (29/8/2020).

Prestasi tersebut, kata siswa yang hobi menyanyi ini, tak lepas dari dukungan sekolah dan orang tua, khususnya pembina Pramuka. Sebab, berkat usulan pembina lah, mereka bisa mengikuti seleksi penegak garuda di tingkat kwartir cabang. 

Hal senada diungkapkan oleh Yunia. Ia mengatakan, prestasi tersebut tak lepas dari dukungan orang tuanya. Meski harus sering beraktivitas di luar rumah, namun orang tuanya selalu mendukung selama kegiatan yang ia lakukan positif. "Dengan nunjukin prestasi ini, bisa jadi contoh yang baik untuk yang lain," ungkap siswa yang gemar memasak tersebut.

Ia pun mengaku mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran dari keikutsertaan di ekstrakurikuler Pramuka. "Aku jadi lebih disiplin, mandiri, dan enggak bergantung sama orang lain," akunya. 

Selaras dengan Yunia dan Putri, Handi pun merasa bangga dan senang atas prestasi yang diraihnya. Selain bisa menjadi contoh, predikat Pramuka Garuda juga memang tak bisa didapatkan dengan mudah.

Meski demikian, Handi bercerita, ketertarikannya di Pramuka ternyata karena melihat temannya. "Awalnya tuh ngeliat temen, kayak banyak banget gitu kegiatannya. Ada agama, PMR, dan juga baris-berbaris. Aku jadi tertarik," tutur siswa yang gemar bermain sepakbola ini.

Setelah menekuninya selama tiga tahun, Handi pun mendapatkan banyak pelajaran dan ilmu baru dari Pramuka. "Jadi lebih mandiri dan mampu berpikir kreatif," tambahnya.

Meski telah meraih prestasi, mereka menegaskan, tidak akan berpuas diri. Langkah ke depan yang akan mereka ambil adalah membimbing dan mengajarkan adik-adik kelas agar mampu menorehkan prestasi serupa di masa yang akan datang.

Kepala SMAN 1 Campaka, Hendi pun mengaku bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya. Selain karena kerja keras para siswa, hal tersebut tak lepas dari peran pembina Pramuka. "Bu Lina dan Pak Dudi sangat aktif dan memang konsen di kegiatan Pramuka," ujarnya.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar