Peringati HUT ke-59, SMAN 1 Sindang Gelar Bakti Sosial
Memperingati HUT ke-59, SMAN 1 Sindang Kabupaten Indramayu menggelar bakti sosial.
Peringati HUT ke-59, SMAN 1 Sindang Gelar Bakti Sosial
Peringati HUT ke-59, SMAN 1 Sindang Gelar Bakti Sosial
Peringati HUT ke-59, SMAN 1 Sindang Gelar Bakti Sosial
Peringati HUT ke-59, SMAN 1 Sindang Gelar Bakti Sosial
Peringati HUT ke-59, SMAN 1 Sindang Gelar Bakti Sosial
Oleh Nizar Al Fadillah
04 September 2020, 15:16 WIB    384 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-59, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sindang Kabupaten Indramayu menggelar bakti sosial terhadap sesama. Bakti sosial berupa pembagian 250 sembako dan ratusan sandang tersebut dibagikan kepada beragam masyarakat. Mulai dari warga kurang mampu, siswa yatim piatu, para siswa di sekolah menengah pertama, santri hingga panti jompo.

Bakti sosial ini selenggarakan pada Kamis (4/9/2020) dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain pakaian layak pakai, sandang lainnya yang dibagikan berupa kerudung dan 100 pasang sepatu sekolah.

Kepala SMAN 1 Sindang, Sulkhin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa syukur yang diwujudkan dengan berbagi terhadap sesama. Terlebih, tak sedikit masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 saat ini. "Kondisi saat ini merupakan masa-masa sulit. Setiap orang mesti menjaga diri, tapi kita juga jangan sampai lupa peduli terhadap sesama," tuturnya saat dihubungi, Jumat (4/9/2020).

Sulkhin menambahkan, seluruh pemberian dalam bakti sosial tersebut dikumpulkan secara sukarela oleh seluruh keluarga besar SMAN 1 Sindang, baik guru maupun siswa. "Jadi, masing-masing guru dan anak-anak dipersilakan menyumbang semampunya," ungkapnya.

Melalui kegiatan ini, lanjut Sulkhin, pihaknya juga berusaha menumbuhkan karakter peduli siswa terhadap sesama. Bahkan, siswa sendiri yang menentukan siapa saja penerima bantuan ini, sedangkan tugas sekolah sifatnya hanya memantau. "Kita ingin menanamkan rasa sisi kemanusiaan mereka bahwa kita hidup berdampingan dengan mereka (masyarakat). Kegiatan ini menumbuhkan inisiatif para siswa untuk memunculkan rasa pedulinya," ujarnya. 

Ia mengungkapkan, sebagian besar bantuan telah didistribusikan kepada masyarakat. "Yang terakhir tinggal sepatu, soalnya harus dilakukan pendataan ukuran sepatu terlebih dahulu," tambahnya.

Panitia sekaligus Ketua Angkatan 2021 SMAN 1 Sindang, Yubi Melodi Widiantama mengatakan, sebanyak 15 siswa terlibat dalam pembagian bantuan tersebut. Namun, ia menegaskan, seluruh siswa tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. "Kita tetap menjaga jarak, menggunakan masker, dan membawa hand sanitizer sendiri. Dalam prosesnya pun, kita terbagi menjadi beberapa kelompok sehingga tidak bergerombol," ungkapnya.

Yubi mengaku, kegiatan ini sebagai bukti bahwa banyak pemuda yang masih peduli dengan lingkungan sendiri. "Kita ingin memeriahkan HUT sekolah dengan kegiatan positif dan menguntungkan sesama," ujar siswa yang berencana melanjutkan pendidikan ke Universitas Sebelas Maret ini. 

Yubi pun mengajak seluruh siswa di Jawa Barat agar peduli terhadap sesama. "Sebagai generasi penerus bangsa, negara ini tidak akan maju kalau pemudanya tidak mau melihat dan tidak peduli terhadap lingkungannya," pungkasnya.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar