Makna Leksikon
Makna Leksikon
Oleh Rury Yuliatri
06 September 2020, 13:06 WIB    199 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Mendengar kata leksikon, ingatan kita pasti langsung tertuju pada album lagu teranyar penyanyi cantik bertalenta Isyana Sarasvati. Namun, apakah kita tahu makna kata leksikon?

Melansir http://id.wikipedia.org, leksikon berasal dari (bahasa Yunani,  λεξικ?ν lexik?n, λεξικ?ς, lexik?s – 'perihal kata') adalah keseluruhan leksem yang terdapat pada suatu bahasa. Kajian terhadap leksikon mencakup apa yang dimaksud dengan kata, strukturisasi kosakata, penggunaan dan penyimpanan kata, pembelajaran kata, sejarah dan evolusi kata (etimologi), hubungan antarkata serta proses pembentukan kata pada suatu bahasa. Dalam penggunaan sehari-hari, leksikon dianggap sebagai sinonim kamus atau kosakata,[1] tetapi dengan penjelasan yang singkat dan praktis.[2] Cabang linguistik yang mendalami leksikon disebut leksikologi atau leksis dalam aliran linguistik Britania. Istilah leksikografi, yang lebih dikenal adalah bidang linguistik terapan yang berurusan dengan penyusunan kamus.[3]

Jika menilik Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), leksikon memiliki 6 arti, yaitu: 

lek.si.kon /lêksikon/
1. n Ling kosakata
2. n Ling kamus yang sederhana
3. n Ling daftar istilah dalam suatu bidang disusun menurut abjad dan dilengkapi dengan keterangannya
4. n Ling komponen bahasa yang memuat semua informasi tentang makna dan pemakaian kata dalam bahasa
5. n Ling kekayaan kata yang dimiliki suatu bahasa
6. n Komp pemrograman, pengidentifikasi, kata kunci, konstanta, dan unsur-unsur lain dari bahasa yang membentuk kosakatanya.

Tak salah jika sang biduan mengambil tema leksikon dalam album terbarunya itu. Karena, menurutnya, leksikon ia ibaratkan sebagai kamus. "Aku seperti memberi kamus hidup aku yang dibalur melodi, instrumentasi dengan lirik," ungkapnya dalam sebuah wawancara.

Nah, bertambah lagi kosakata kita pada Kata Hari ini (Kahani). Yuk, jangan pernah bosan belajar dan menambah kosakata baru. Karena, mempelajari dan meningkatkan kosakata merupakan salah satu cara untuk menaikkan kemampuan kognitif umum dan kecerdasan kita. Semangat!***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar