Workshop Penyusunan Soal Online dan Pengelolaan Laporan PJJ di SLBN B Garut
Workshop Penyusunan Soal Online dan Pengelolaan Laporan PJJ di SLBN B Garut
Oleh Eti Suhaeti (Kepala SLBN B Garut)
07 September 2020, 13:17 WIB    382 views       Opini

BANDUNG, DISDIK JABAR - Masa pandemi Covid-19 masih melanda tanah air sehingga banyak mengganggu roda kehidupan dan berdampak pula terhadap sistem pembelajaran bagi peserta didik. Karena sekolah masih belum diperbolehkan melaksanakan pembelajaran tatap muka maka kami pun mencari strategi yang tepat agar pembelajaran tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Sebentar lagi, peserta didik akan mengikuti penilaian tengah semester (PTS). Namun karena tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka, kami berusaha mencari alternatif lain. Yakni, membuat soal secara online menggunakan Google Form atau Google Formulir sebagai alternatif penilaian hasil belajar peserta didik secara daring.

Agar para guru paham membuat soal PTS secara online maka sekolah pun menggelar "Workshop Pembuatan Soal Online". Dilanjutkan dengan kegiatan "Mengelola Laporan Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)" yang selama ini mengalami banyak kendala dan melibatkan para orang tua. 

Dalam workshop ini, saya dibantu oleh para wakil kepala sekolah (wakasek) dan guru yang ditunjuk sebagai narasumber dan moderator.

Workshop ini diselenggarakan pada 2-3 September 2020, dengan jumlah peserta per hari sebanyak 20 orang. Namun karena ada surat edaran Gubernur Jawa Barat yang berlaku mulai tanggal 1-14 September 2020 bahwa jika suatu lembaga terpaksa melaksanakan kegiatan secara fisik atau tatap muka, maksimal peserta harus berjumlah 10 orang.  

Namun karena kami sudah terlanjur menyebarkan surat undangan workshop dan baru mengetahui surat edaran tersebut pada pukul 14.30 WIB (sehari sebelum pelaksanaan) maka kami pun langsung mengubah pola pengaturan tempat duduk/kelas. 

Sehingga, yang awalnya berjumlah 20 orang, dibagi menjadi dua kelas, masing-masing kelas berjumlah 10 orang.

Adapun mekanisme kegiatannya, yakni kelas A mengikuti pembukaan dan kegiatan secara tatap muka, sedangkan kelas B mengikuti kegiatan melalui Zoom Meeting. Untuk para guru yang tidak hadir pada hari pertama di sekolah maka mereka harus mengikuti kegiatan dengan Zoom Meeting di rumah. Begitu pula orang tua, ikut berpartisipasi lewat Zoom Meeting di rumah masing-masing.

Untuk hari kedua, para peserta bergantian melaksanakan workshop di sekolah dan Zoom Meeting di rumah. Pada kegiatan ini, semua peserta diharuskan memiliki akun Gmail. 
 
Kegiatan workshop ini dibuka oleh Kepala Kantor Cabang Dinas Wilayah XI, Bapak Dr. Asep Sudarsono. Beliau memberikan pengarahan, kemudian dilanjutkan oleh Pengawas SLB, Bapak Drs. H. Asep Karyana, M.Pd. yang menyampaikan materi tentang pembuatan RPP 1 Lembar. Selanjutnya, pada kegiatan inti diserahkan kepada narasumber dan moderator. 

Sedangkan penanggung jawab kegiatan ini adalah saya sendiri, dibantu para wakasek dan TU. Yang menjadi narasumber pada hari pertama adalah Ibu Putri, dengan moderator Bapak Eri. Untuk narasumber pada hari kedua adalah Ibu Dwi, dengan moderator Ibu Aqmarina. Bertindak sebagai pembawa acara adalah Ibu Nia, Ibu Neneng, dan Ibu Risca. 

Pada sesi pertama, dengan penuh kesabaran dan atraktif, narasumber menyampaikan cara membuat soal online. Seluruh peserta pun dengan semangat mencoba mempraktikkan cara membuat soal online, dengan bimbingan narasumber. Setelah selesai, masing-masing kelompok mempresentasikannya dan berdiskusi. 

Perlu diketahui, tujuan kami menggelar workshop pembuatan soal online dan pengelolaan laporan PJJ ini adalah sebagai berikut:

  1. Supaya semua guru mengetahui dan paham cara membuat soal online yang berkaitan dengan pembelajaran secara daring.
  2. Supaya sekolah memiliki dokumen soal online
  3. Supaya guru bisa mengarahkan orang tua dalam membimbing anaknya bagaimana mengerjakan soal online yang telah dibuat oleh guru.
  4. Menampung permasalahan PJJ dari setiap guru dan mencari alternatif pemecahan masalah serta solusinya. 

Untuk memotivasi peserta, narasumber pun memberikan pertanyaan seputar soal online dan yang bisa menjawab langsung diberi hadiah.

Alhamdulillah, pelaksanaan workshop berjalan lancar dan sukses. Mudah-mudahan, kegiatan ini bisa memotivasi guru-guru lain dalam membuat soal online di masa pandemi Covid-19 ini.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar