Dirjen IKP Kemkominfo: Humas Pemerintah Harus Semai Informasi Positif bagi Masyarakat
Dirjen IKP Kemkominfo: Humas Pemerintah Harus Semai Informasi Positif bagi Masyarakat
Dirjen IKP Kemkominfo: Humas Pemerintah Harus Semai Informasi Positif bagi Masyarakat
Dirjen IKP Kemkominfo: Humas Pemerintah Harus Semai Informasi Positif bagi Masyarakat
Oleh Nizar Al Fadillah
08 September 2020, 16:22 WIB    100 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Tugas humas adalah menyemai informasi baik dan positif bagi masyarakat, sekaligus menghalau berita-berita hoax yang muncul. Hal tersebut diungkapkan Direktorat Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Widodo Muktiyo dalam Webinar "Sinergitas Pengelolaan Media Sosial Pemerintah" yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat, Selasa (8/9/2020). 

Widodo mengatakan, jika humas pemerintah mampu menyebarkan informasi positif dan memberikan pengetahuan yang terkonstruksi dan menjadi narasi tunggal maka (Komasyarakat akan terlindungi dari informasi negatif. "Analoginya, informasi adalah makanan. Masyarakat harus mengunyah dan menelan informasi yang menyehatkan sehingga memberikan partisipasi masyarakat yang baik juga," tutur Guru Besar Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini.

Widodo pun menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo bahwa tugas birokrasi adalah menjamin pesan yang disampaikan kepada masyarakat harus delivered (tersampaikan), bukan hanya sent (terkirim). Hal tersebut harus menjadi perhatian humas instantasi pemerintah saat ini.

Lebih jauh, tambah Widodo, ada empat kondisi yang harus dicapai humas untuk masyarakat. Pertama, mampu meminimalisasi kecurigaan dan ketidakpercayaan hubungan antara publik dan pemerintah. Kedua, mendekatkan hubungan antara publik dan pemerintah dalam bingkai kemitraan yang saling menguatkan. Ketiga, menggelorakan semangat kerja dan pembangunan dalam rangka mewujudkan cita-cita negara. Keempat, menjaga stabilitas sosial, ekonomi, politik, keamanaan, dan ideologi bangsa. 

Menurutnya, di era media sosial saat ini, menjadi suatu keniscayaan bagi humas untuk terjun dan mengoptimalkan ruang tersebut. 

Selain Widodo, pembicara dari webinar yang diikuti sekitar 300 peserta ini adalah Kepala Diskominfo Jabar, Setiadji dan dosen Fakultas Ilmu Komunikasi, Rita Gani.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar