SMAN 1 Sindang Indramayu Tanamkan Karakter Kebersamaan pada Siswa
Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sindang, Sulkhin.
SMAN 1 Sindang Indramayu Tanamkan Karakter Kebersamaan pada Siswa
SMAN 1 Sindang Indramayu Tanamkan Karakter Kebersamaan pada Siswa
SMAN 1 Sindang Indramayu Tanamkan Karakter Kebersamaan pada Siswa
Oleh Nizar Al Fadillah
14 September 2020, 11:52 WIB    85 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Sebagai lembaga pendidikan, sekolah tidak hanya mencetak siswa menjadi pintar secara akademis. Sekolah juga berperan menumbuhkan pendidikan karakter anak. Sadar akan hal itu, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sindang berusaha mewujudkan visi tersebut. Kepala SMAN 1 Sindang, Sulkhin mengatakan, ada karakter dasar yang coba ia tanamkan kepada seluruh siswanya dengan menumbuhkan rasa kebersamaan. 

Bagi Sulkhin, menumbuhkan rasa kebersamaan antarsesama amatlah penting. Sebab, karakter tersebut merupakan akar dari tumbuhnya sisi kemanusiaan. "Kita ini hidup bersama manusia lain dan kenyataannya tidak semua manusia sama dengan kita. Dengan rasa kebersamaan, kita akan punya inisiatif peduli terhadap sesama," ungkapnya saat dihubungi, Senin (14/9/2020). 

Menurutnya, nilai akademis yang bagus tak cukup menjadi bekal untuk siswa di masa depan. "Nilai itu hanya angka, yang terpenting mereka mampu membawa diri di masyarakat," ujar Kepala Sekolah kelahiran Indramayu, 2 November 1965 ini. 
 
Sulkhin pun melakukan pendekatan khusus dengan para siswa untuk menanamkan karakter tersebut. Sebelum masa pandemi saat ini, dalam beberapa kesempatan ia selalu menekankan pentingnya menumbuhkan rasa kebersamaan. Bukan melalui instruksi, tetapi dengan bercerita.

Dengan dibantu guru, Sulkhin mengungkapkan, siswa SMAN 1 Sindang sudah mengerti betul makna kebersamaan. Hal ini dibuktikan dengan digelarnya bakti sosial dalam peringatan Hari Ulang Tahun Sekolah ke-59. Dalam prosesnya, siswa lah yang berperan aktif menyelenggarakan kegiatan tersebut. "Tugas sekolah hanya memantau. Seluruh bantuan pun didapatkan dari donasi seluruh siswa dan guru," tutur guru yang mulai menjadi abdi negara sejak 1987 itu. 

Selain itu, lanjutnya, ada contoh lain yang menggambarkan tumbuhnya jiwa kebersamaan para siswa. "Tempo hari, setiap ada kegiatan piknik/rekreasi, setiap angkatan pasti akan mendata siswa mana saja yang kurang mampu. Jadi, setiap kali ada kegiatan apapun yang melibatkan siswa, anak-anak akan mencari dana sendiri untuk membantu siswa lainnya," ungkapnya. 

Tak Lepas dari Prestasi

Selain menumbuhkan karakter kebersamaan, SMAN 1 Sindang juga menorehkan banyak prestasi. Sulkhin mengaku, ada puluhan siswa lulusan sekolahnya yang diterima di perguruan tinggi, baik negeri maupun siswa. Selain itu, setiap tahunnya, hasil nilai ujian nasional SMAN 1 Sindang selalu berada di 30 teratas tingkat provinsi. 

Di bidang ekstrakurikuler (ekskul), prestasi SMAN 1 Sindang pun sangat mendominasi, khususnya dalam olahraga basket. Disusul ekskul lainnya, seperti multimedia dan Paskibra.

Prestasi tersebut tak lepas dari kelelusaan yang diberikan sekolah kepada siswa untuk terus mengeksplorasi diri. "Terbukti, ternyata anak lebih tahu segalanya tentang jenis lomba dan kami memberi peluang kepada mereka," pungkasnya.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar