ASN SLBN B Garut Titipkan 320 Bibit Pohon Keras ke Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V Dinas Kehutanan Prov. Jabar
ASN SLBN B Garut Titipkan 320 Bibit Pohon Keras ke Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V Dinas Kehutanan Prov. Jabar
ASN SLBN B Garut Titipkan 320 Bibit Pohon Keras ke Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V Dinas Kehutanan Prov. Jabar
Oleh Eti Suhaeti (Kepala SLBN B Garut)
16 September 2020, 13:32 WIB    424 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Sejak ada imbauan pemerintah yang disampaikan oleh Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah (Cadisdikwil) XI, Bapak Dr. Asep Sudarsono, S.Pd., M.M. tentang penanaman bibit pohon keras untuk aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Provinsi Jawa Barat (Jabar), imbauan tersebut kami respons dengan baik.

Karena kami tidak memiliki lahan yang cukup untuk ditanami bibit pohon keras maka sesuai arahan Kepala Cadisdikwil XI, bibit pohon keras tersebut kami titipkan ke Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V Dinas Kehutanan Provinsi Jabar untuk selanjutnya ditanam di lahan kritis. 

Adapun bibit pohon keras yang kami titipkan berjumlah 320 dari 32 orang ASN yang ada di sekolah kami. 

Sebetulnya, kegiatan menanam bibit pohon keras ini sudah kami agendakan pada HUT ke-75 RI, namun karena berbagai hal (entah pihak kami yang berhalangan ataupun Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V Dinas Kehutanan Jabar yang ada kegiatan), akhirnya kami mencari waktu yang tepat untuk menitipkan bibit pohon tersebut. Kegiatan penanaman bibit pohon tersebut diawali pada 18 Agustus 2020 dengan mengadakan serah terima bibit pohon produktif dari ASN ke sekolah untuk selanjutnya dipergunakan sebagai bahan pembelajaran daring.

Adapun mekanisme penitipan bibit pohon keras dari kami ke Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V Dinas Kehutanan Jabar, yaitu:

  1. Kami mengutus salah seorang pegawai kami ke Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V Dinas Kehutanan Jabar untuk menitipkan bibit pohon keras untuk ditanam di lahan kritis.
  2. Kami mengadakan kesepakatan bersama tentang jadwal serah terima bibit pohon keras tersebut. Jadwal pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada 16 September 2020.
  3. Rencana semula kami yang mendatangi Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V Dinas Kehutanan Jabar, tapi akhirnya pihak Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V Dinas Kehutanan Jabar yang datang ke sekolah kami.
  4. Penyerahan bibit pohon tersebut diwakili oleh saya, para wakil kepala sekolah, koordinator tiap satuan pendidikan, bendahara, dan kasubag TU. Sedangkan dari pihak Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V Dinas Kehutanan Jabar diwakilkan kepada Bapak Kasi, Bapak Kasubag, dan tim.
  5. Pihak sekolah menyerahkan daftar ASN untuk menitipkan bibit pohon tersebut.

Hikmah yang kami petik pada kegiatan tersebut adalah untuk membangun karakter ASN di sekolah kami agar mereka mempunyai kepedulian terhadap kelestarian alam sebagai perwujudan reboisasi/penghijauan di lahan kritis.

Dengan menanam bibit pohon keras di lahan kritis, sedikitnya ASN turut andil dalam pencegahan bencana banjir atau longsor yang sewaktu-waktu mengancam alam kita. Demikian kegiatan yang telah sekolah kami laksanakan.*** 


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar