HUT ke-75, PMI Komitmen Berikan Solusi Kemanusiaan
HUT ke-75, PMI Komitmen Berikan Solusi Kemanusiaan
Oleh Nizar Al Fadillah
17 September 2020, 11:52 WIB    97 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Setiap tahun, Indonesia memperingati Hari Palang Merah Indonesia (PMI) setiap tanggal 17 September. Sebagai organisasi nasional yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan, PMI berdiri tak lama setelah Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan. 

Melansir http://tirto.id, kelahiran PMI dipelopori oleh dr. Rumondor Cornelis Lefrand Senduk dan dr. Bahder Djohan. Senduk merupakan dokter kelahiran Minahasa yang menjadi tokoh penting di Hari Sumpah Pemuda. Sedangkan Bahder di kemudian hari dikenal sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Kabinet Natsir serta Kabinet Wilopo. 

Sempat mendapat penolakan di masa penjajahan Belanda dan Jepang, pendirian organisasi tersebut semakin menggelora usai Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945. 

Akhirnya, pada 3 September 1945, Presiden Soekarno melalui Kementerian Kesehatan membentuk Badan Palang Merah Indonesia. Setelah melalui perjalanan panjang, pada 17 September 1945, tepat hari ini 75 tahun yang lalu, dibentuklah pengurus PMI yang diketuai Drs. Mohammad Hatta. 

Komitmen Bantu Masalah Kemanusiaan

Sekretaris Jenderal PMI, Sudirman Said mengatakan, PMI terus berkomitmen memberikan solusi terhadap berbagai pemasalahan kemanusiaan yang terjadi di Indonesia. "Kami ingin menjaga peran itu. Mendampingi masyarakat serta membantu pemerintah untuk memberi solusi berbagai persoalan kemanusiaan," ungkapnya, mengutip http://antaranews.com

Menurut Sudirman, PMI terus membangun kapasitas dan terus mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sebagai organisasi yang memberikan solusi bagi setiap permasalahan kemanusiaan. 

Saat ini, PMI telah tersebar di seluruh provinsi di 439 kabupaten/kota, 3.406 kecamatan, dan telah memiliki 223 unit donor darah. PMI pun memiliki beberapa divisi, yakni divisi kesehatan, relawan, kelembagaan, penanggulaan bencana, dan lainnya.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar