Beasiswa Pemprov Jabar Dikelola Perguruan Tinggi
Beasiswa Pemprov Jabar Dikelola Perguruan Tinggi
Oleh Siti Maryam Delina F
07 Mei 2018, 00:00 WIB    64 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Bantuan Biaya Pendidikan (beasiswa) khusus masyarakat Jawa  Barat yang beberapa minggu ini viral di media sosial baru akan dibuka  pendaftarannya. Beasiswa tersebut baru akan disosialisaskan kepada 93 Perguruan  Tinggi yang sudah melakukan kerjasama. Hal ini diungkapkan oleh Kasi Pengawasan  Pendidikan KCD XIII, Hendra Sudrajat, sekaligus penanggung jawab beasiswa  tersebut. 

“Bantuan Biaya Pendidikan Provinsi Jawa Barat merupakan  program hibah yang disalurkan melalui lembaga perguruan tinggi. Jadi nanti  semua proses pendaftaran dilaksanakan oleh perguruan tinggi,” ujar Hendra saat ditemui di Kantor  Dinas Pendidikan Jawa Barat, Senin, 7 Mei 2018.   

Informasi yang beredar di media sosial memang tidak sepenuhnya  salah. Akan tetapi, ada beberapa hal yang tidak sesuai. Seperti, batas akhir  pengumpulan syarat beasiswa dan alur penyerahan beasiswa. Hendra mengatakan,  batas akhir pengumpulan syarat beasiswa bukan April seperti informasi yang  tersebar. Pendaftaran beasiswa sedang dilaksanakan oleh perguruan tinggi  masing-masing. 

“Jadi fatal kemarin informasi yang beredar katanya berkas  diserahkan langsung ke Dinas Pendidikan. Itu tidak benar. Semua berkas-berkas  dan informasi yang dibutuhkan mengenai beasiswa, bisa ditanyakan langsung  kepada perguruan tinggi masing-masing, biasanya bagian kemahasiswaan,” ujar  Hendra. 

Rp13 miliar

Bantuan Biaya Pendidikan   adalah program Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupa pemberian bantuan  bagi mahasiswa pada Perguruan Tinggi Negeri/Swasta Provinsi Jawa Barat sebagai  lembaga penerima pada tahun akademik 2018/2019. Tahun ini anggaran yang  dialokasikan untuk beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan berjumlah Rp13 milyar. Seluruh seleksi dan  pengumpulan berkas beasiswa dilakukan oleh perguruan tinggi masing-masing.       

“Untuk koutanya  per perguruan tinggi belum ditetapkan. Nanti informasi lebih lengkapnya akan  diberikan kepada perguruan tinggi ,” jelas Hendra.     

Besaran beasiswa untuk sarjana adalah Rp 6 juta, magister  Rp 14 juta dan doktor sebesar Rp 16 juta. Persyaratan Bantuan Biaya Pendidikan  tersebut diantaranya mahasiswa asal Jawa Barat yang tunjukan KTP dan Kartu  Keluarga dan sudah aktif kuliah di perguruan tinggi di Jawa Barat.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar